Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNISA Youth Games 2024: Merayakan Semangat Kompetisi dan Kesehatan Mental

UNISA Youth Games 2024: Merayakan Semangat Kompetisi dan Kesehatan Mental

Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta kembali menyelenggarakan event tahunan yang dinantikan, UNISA Youth Games (UYG). Acara yang dihadiri oleh 34 sekolah menengah atas (SMA) se-DIY dan Jawa Tengah ini bertema tentang Kesehatan Mental, mengangkat isu penting dalam kesejahteraan jiwa remaja.

Tahun ini, UYG menghadirkan tiga cabang perlombaan, yaitu Pasukan Baris Berbaris, Fotografi, dan Mural, yang menjadi ajang kompetisi bagi siswa-siswi SMA untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Hari Akbar Sugiantoro, selaku ketua panitia, menjelaskan bahwa tema Kesehatan Mental dipilih untuk memberikan ruang kreativitas kepada para peserta dalam upaya membangun kesehatan jiwa mereka.

Dr. Warsiti, Rektor UNISA Yogyakarta, dalam seremonial pembukaan UYG, Sabtu (27/04) menekankan pentingnya acara ini sebagai ajang untuk menunjukkan prestasi para siswa-siswi SMA.

“Lomba ini tidak hanya tentang memenangkan perlombaan, tetapi juga tentang memberikan penghargaan atas kerja keras dan dedikasi para peserta,” ujarnya.

Warsiti menambahkan UNISA Yogyakarta pun memberikan Beasiswa Prestasi bagi seluruh juara sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka.

Kepala Biro Admisi, Intan Mutiara Putri, SST., M.Keb mengungkapkan bahwa UNISA Youth Games bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga menjadi wadah penting untuk merayakan semangat kompetisi, mempromosikan kesehatan mental, dan mendorong nilai-nilai kebersamaan di kalangan siswa-siswi SMA.

“UYG menjadi ajang integrasi antara pendidikan dan seni yang dihelat dengan semangat kebersamaan dengan tema ‘Tenang Ada Unisa’,” jelasnya.

Acara ini juga menjadi momentum bagi UNISA Yogyakarta untuk menegaskan komitmennya dalam mendukung pengembangan kesehatan mental generasi muda serta memberikan mereka platform untuk mengekspresikan diri melalui berbagai bakat yang dimiliki. Diharapkan, kegiatan seperti UYG dapat terus menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk turut serta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan mental anak muda.