Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Puncak Dies Natalis Unib Ke-42 Diisi dengan Orasi Ilmiah dan Rektor Award

Puncak Dies Natalis Unib Ke-42 Diisi dengan Orasi Ilmiah dan Rektor Award

HARI ini, Rabu, 24 April 2024, Universitas Bengkulu (Unib) yang berdiri tanggal 24 April 1982, genap berusia 42 tahun. Puncak perayaan peringatan dies natalis tahun ini dikemas dalam Rapat Paripurna Terbuka Senat Universitas Bengkulu yang diisi dengan orasi ilmiah dan pemberian penghargaan Rektor Award.

Ketua Senat dan Rektor beserta Anggota Senat dan para Guru Besar memasuki ruang rapat.(foto:hms1)

Rapat Paripurna Terbuka yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) Unib ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Ketua Senat Universitas Bengkulu Prof. Safnil, M.A, Ph.D.

Selain para Anggota Senat, Rektor dan para Wakil Rektor, acara ini juga dihadiri para Guru Besar, pimpinan fakultas dan program studi selingkung Unib, Gubernur Bengkulu yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri, unsur Forkompinda, pimpinan bank mitra, pengurus BEM dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), serta ratusan undangan lainnya.

Ketua Senat ketika memimpin mengheningkan cipta dan membuka rapat paripurna terbuka.(foto:hms1)

Wakil Rektor Unib Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum sebagai Ketua Panitia Dies Natalis Unib Tahun 2024 pada kesempatan ini melaporkan, kegiatan orasi ilmiah dan pemberian penghargaan Rektor Award yang dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Senat Universitas hari ini merupakan rangkaian terakhir dari puluhan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Unib Ke-42 yang dihelat sejak Januari 2024 lalu.

“Banyak kegiatan telah kita laksanakan dalam rangka dies natalis tahun ini. Alhamdulillah berkat kekompakan dan peran serta semua pihak, seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan meriah. Tiba saatnya hari ini, kita di puncak peringatan dies natalis yang dikemas dalam rapat terbuka senat dan diisi dengan orasi ilmiah serta acara Rektor Award,” ujar Prof. Candra Irawan, seraya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan ini.

Para tamu undangan dan ratusan mahasiswa mengikuti puncak dies natalis Unib ke-42.(foto:hms1)

Untuk orasi ilmiah tambah Prof. Candra Irawan, suatu kebanggaan tersendiri bagi segenap sivitas akademika Universitas Bengkulu, karena yang menyampaikan orasi ilmiah adalah Kepala Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) Republik Indonesia Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, S.H, M.Tr.Ospla.

Kebanggaan ini dikarenakan yang bersangkutan merupakan putra daerah Bengkulu yang saat ini sukses meniti karier di tingkat pusat dan saat ini menjadi pemimpin utama di Lembaga Negara Non Kementerian yang bertanggungjawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia tersebut.

“Semoga kehadiran Bapak Dr. Irvansyah di tengah-tengah kita dapat memberikan inspirasi dan motivasi tersendiri bagi mahasiswa dan segenap sivitas akademika Unib agar kedepan lebih maju. Kemudian, materi orasi ilmiah yang dipaparkannya diharapkan menjadi penambah informasi serta pengkayaan ilmu pengetahuan bagi kita semua khususnya dalam bidang keamanan dan pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan,” tutur Prof. Candra Irawan.

Ketua Panitia Dies Natalis Unib Ke-42 Prof. Candra Irawan ketika menyampaikan laporan.(foto:hms1)

Untuk acara pemberian penghargaan Rektor Award tambah Prof. Candra Irawan, dibagi dalam beberapa kategori yang dilaksanakan 4 sesi. Sesi pertama kategori penerima penghargaan juara website dan Medsos tingkat fakultas dan tingkat Program Studi (Prodi), sesi kedua penghargaan terhadap Dosen Peneliti dan Pengabdi Terbaik, sesi ketiga pemenang capaian IKU (Indikator Kinerja Utama), dan sesi keempat juara Operator DIKTI Terbaik.

“Ini merupakan bentuk apresiasi dari lembaga kepada fakultas dan program studi, serta kepada dosen dan karyawan berprestasi. Semoga pemberian penghargaan Rektor Award ini menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja bagi seluruh unit kerja, dosen dan tenaga kependidikan lainnya agar ke depan Unib semakin maju,” papar Prof. Candra Irawan, seraya mengucapkan selamat kepada yang menerima penghargaan. [Purna Herawan/Humas].