Selasa, 14 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNNES Selenggarakan Pelatihan Keterampilan Menulis Naskah Dinas

UNNES Selenggarakan Pelatihan Keterampilan Menulis Naskah Dinas

Sebagai upaya meningkatkan kemampuan penulisan naskah dinas di lingkungan Universitas Negeri Semarang (UNNES), Direktorat Umum dan Sumber Daya Manusia (DUSDM) menyelenggarakan pelatihan keterampilan menulis naskah dinas untuk tenaga kependidikan di UNNES, Rabu (24/04/2024).

Direktur Direktorat Umum dan Sumber Daya Manusia (DUSDM), Moh. Khoiruddin, S.E., M.Si. dalam sambutanya menyampaikan pentingnya pelatihan keterampilan menulis naskah dinas ini dalam membangun tertib administrasi di lingkungan UNNES.

“Keterampilan bahasa yang baik adalah prasyarat penting bagi pegawai pemerintah dalam menyusun tata naskah dinas yang efektif dan profesional. Dengan meningkatkan keterampilan bahasa mereka melalui pelatihan, penggunaan referensi, penerapan praktik terbaik, penggunaan teknologi, dan pelatihan kontinyu, pegawai pemerintah dapat meningkatkan efektivitas komunikasi mereka dan memberikan kontribusi yang lebih besar,” ujarnya.

Pelatihan ini menghadirkan Ivan Lanin, Direktur Utama Narabahasa, yang secara khusus membahas tentang karakteristik, susunan, serta kaidah penulisan naskah dinas sesuai dengan pedoman-pedoman yang berlaku. Naskah dinas ini meliputi surat dan laporan yang dikeluarkan untuk kepentingan instansi.

Menurutnya, sebuah naskah dinas yang baik tidak hanya memperkuat legitimasi instansi pemerintah, tetapi juga memastikan informasi disampaikan dengan tepat dan efektif.

Ia berharap materi yang disampaikan pada pelatihan ini dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas tulisan yang dihasilkan oleh para peserta.