Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pelaksanaan SNBT-UTBK 2024, UM Fasilitasi Ribuan Komputer Bagi Peserta

Pelaksanaan SNBT-UTBK 2024, UM Fasilitasi Ribuan Komputer Bagi Peserta
image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) dengan bangga menjadi salah satu tempat pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) – Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) pada tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024. UM akan selalu berkomitmen penuh dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan akses yang adil serta  transparan bagi para calon mahasiswa yang mengikuti SNBT-UTBK 2024.

Peserta SNBT-UTBK 2024 secara bergiliran mulai memasuki ruangan tes

SNBT-UTBK 2024 merupakan langkah inovatif dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi yang bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi semua calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Dengan pendekatan yang berbasis teknologi, proses ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam penilaian kemampuan calon mahasiswa.

Pada pelaksanaan SNBT-UTBK ini, terdapat 14 gedung dengan 56 titik lokasi yang digunakan UM diantaranya,

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  2. Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)
  3. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
  4. Fakultas Ilmu Sosial (FIS)
  5. Fakultas Kedokteran
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  7. Fakultas Psikologi
  8. Fakultas Sastra (FS)
  9. Fakultas Teknik (FT)
  10. Fakultas Vokasi
  11. Gedung Kuliah Bersama (GKB) A19
  12. Perpustakaan UM
  13. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK)
  14. Sekolah Pascasarjana

Selain itu, UM telah mempersiapkan civitas akademikanya untuk menjadi tim pengawas profesional yang siap untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tes. Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd, Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UM dalam wawancaranya menyampaikan, “Kami telah menugaskan civitas akademika UM yang terdiri dari dosen dan tenaga pendidik untuk menjadi pengawas pelaksanaan SNBT-UTBK 2024 dengan total 560 pengawas, sebelum melaksanakan tugasnya mereka telah kami berikan pengarahan dan bimbingan.”

Dari aspek fasilitas komputer, UM menyediakan sebanyak 1185 komputer utama dan 176 komputer cadangan. UM pun juga menyediakan server dibeberapa titik strategis agar jaringan internet selalu stabil dalam pelaksanaan tes. “Koneksi jaringan pada saat pelaksanaan SNBT-UTBK 2024 harus selalu stabil dan aman agar peserta mengerjakan tes dengan nyaman, sehingga UM membagi 9 admin server berdasarkan lokasi geografis, yaitu admin server psikologi FIS FK, admin server vokasi FIK pasca, admin server FT, admin server FIP, admin server FMIPA, admin server FS, admin server PTIK, admin server FE dan admin server GKB,” ungkap Dr. Imam.

UM juga menyediakan fasilitas keamanan yang memadai untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan SNBT-UTBK 2024 yang diikuti oleh 11511 peserta 26 diantaranya menyandang disabilitas tunadaksa. “Untuk menjaga kenyamanan pelaksanaan tes, menghindari kecurangan dan hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami sediakan fasilitas metal detector untuk mengantisipasi adanya barang bawaan yang mencurigakan dari peserta. Kami pun juga menyediakan tempat khusus bagi peserta yang menyandang disabilitas agar mereka dapat mengerjakan tes dengan nyaman dan fokus,” ujar Dosen Sastra Indonesia tersebut.

Penggunaan Metal Detector untuk mengantisipasi kecurangan terhadap pelaksanaan SNBT-UTBK 2024

“Semoga pelaksanaan SNBT-UTBK 2024 ini sukses dan lancar. UM juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang telah memberikan kepercayaan kepada kami sebagai salah satu tempat pelaksanaan SNBT-UTBK 2024. Kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan tinggi di Indonesia,” tutup Dr. Imam

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM