Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Teliti Keterampilan Bahasa Inggris Mahasiswa, Dosen FAI UMJ Raih Gelar Doktor Lingustik Terapan

Teliti Keterampilan Bahasa Inggris Mahasiswa, Dosen FAI UMJ Raih Gelar Doktor Lingustik Terapan

Anis Setiyanti, Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), meraih gelar Doktor Linguistik Terapan di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (13/06/2024).

Baca juga : Kembangkan Kombucha Teh Bunga Telang, Dosen FKK UMJ Raih Gelar Doktor dengan Nilai Sempurna

Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dengan Metode Resitasi Melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL)”, dalam Sidang Promosi Doktor di Lantai 5 Gedung Bung Hatta, Pascasarjana UNJ.

Kepala Bagian Career Center Alumni dan Tracer Study UMJ itu, melakukan penelitian terhadap 24 mahasiswa semester empat tahun ajaran 2019/2020 Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMJ. Mahasiswa ini diteliti menggunakan aplikasi Dualingo, Talk, dan Hello secara bertahap dari prasiklus, siklus satu, siklus dua, hingga siklus tiga.

Penemuannya menujukkan ada peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan metode resitasi melalui MALL pada mahasiswa tersebut, terkait pelafalan, kosakata, tata bahasa, kelancaran, dan pemahaman.

Hasil presentase rata-rata nilai diketahui pada tahapan prasiklus, awalnya hanya sebesar 44,2%. Kemudian, siklus satu menjadi 55,6% dan siklus dua meningkat di angka 68,8%. Terakhir, dalam siklus tiga mencapai hingga 81%.

Anis mengutarakan rasa syukurnya usai mencapai gelar doktor dengan proses yang penuh perjuangan. Ia berharap, disertasinya mendapatkan apresiasi untuk dibaca kalangan akademisi.

“Alhamdulillah saya menerima predikat sangat memuaskan dari dewan penguji. Semoga ilmu ini bisa bermanfaat secara pribadi maupun untuk dunia pendidikan, khususnya bagi UMJ sebagai tempat saya bernaung selama ini,” ujarnya.

Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas gelar doktor yang diraih Anis. Menurutnya, perjuangan dan jerih payah yang telah dilakukan merupakan bagian dari ikhtiar untuk mencapai gelar doktor yang kompeten dan layak diemban.

“Tentu saja dengan bertambahnya doktor di UMJ, khususnya di FAI, mudah-mudahan menjadi spirit dan tenaga baru untuk terus meningkatkan kualitas dan keunggulan UMJ karena alhamdulillah saat ini, UMJ sudah meraih akreditasi Unggul,” kata Septa.

Selaras dengan Septa, Dekan FAI UMJ Dr. Sopa, M.Ag. menuturkan bahwa Anis adalah doktor kedua yang diraih FAI dalam kurun waktu seminggu, setelah Adlan Fauzi Lubis pada Selasa (11/06/2024) lalu di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

“Hari ini, Anis mendapatkan gelar doktor di bidang linguistik terapan pada pembelajaran Bahasa Inggris. Semoga dengan bertambahnya doktor di UMJ akan bisa meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di FAI sehingga para alumni mampu berkompeten di bidangnya dan berkiprah dengan baik di masyarakat, “jelas Sopa.

Anis merupakan doktor ke-241 yang dimiliki UMJ. Sidang Promosi Doktor ini digelar secara daring dan luring yang turut dihadiri Wakil Rektor III UMJ Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., bersama jajaran pimpinan dan sivitas akademika FAI UMJ, serta kerabat dan keluarga.

Editor : Dian Fauzalia