Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Alat Berat Industri, FT UMJ Kerja Sama dengan PT Nusantara Pelabuhan Handal

Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Alat Berat Industri, FT UMJ Kerja Sama dengan PT Nusantara Pelabuhan Handal

Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) Dr. Irfan Purnawan, ST., M.Chem.Eng., menandatangani perjanjian kerja sama dengan General Manager People Management PT Nusantara Pelabuhan Handal (NPH) Tbk di Ruang Kolokium Gedung FT UMJ, Rabu (12/06/2024).

Baca juga : Jajaki Kerja Sama, FT UMJ dan UMPSA Kolaborasi Adakan Global Classroom

Hal itu dilaksanakan guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa program D3 Otomotif Alat Berat FT UMJ tentang alat berat industri, khususnya Quay Container Crane (QCC). QCC merupakan sebuah peralatan vital dalam kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Dekan FT UMJ Dr. Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., menyambut baik kolaborasi tersebut karena membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kampus.

“Kerja sama dengan perusahaan PT NPH akan memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa dalam menerapkan teori yang dipelajari di kelas ke dalam dunia nyata,” ujarnya

FT UMJ Bekerja Sama dengan PT Nusantara Pelabuhan Handal
Dekan FT UMJ Dr. Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., dan General Manager People Management PT NPH Yus Nuffid, A.Md., usai menandatangani perjanjian kerja sama di Ruang Kolokium FT UMJ, Rabu (12/06/2024) (Foto: Dok.FT UMJ)

Selaras dengan Irfan, General Manager People Management PT NPH Yus Nuffid, A.Md., mengutarakan apa yang dilakukan FT UMJ dan PT NPH merupakan langkah strategis, dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di sektor pelabuhan dan logistik.

“Kami berharap melalui kolaborasi ini, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang pengoperasian, pemeliharaan, dan teknologi terbaru terkait dengan QCC,” kata Nuffid.

Ia menambahkan bahwa PT NPH memiliki dua program untuk kegiatan mahasiswa, yaitu Internship Program dan Kerja Praktik Lapangan.

“Program magang dikhususkan bagi siswa atau mahasiswa yang baru lulus sehingga mereka bisa merasakan pengalaman kerja pertama di sini. Sementara itu, kerja praktik lapangan khusus untuk mahasiswa semester akhir,” jelas Nuffid.

Lebih lanjut, NPH akan memberikan akses dan fasilitas kepada mahasiswa untuk mengikuti pelatihan langsung, serta menyediakan materi dan sumber daya pendukung lainnya. Selain itu, kedua belah pihak juga akan saling mendukung dalam penyelenggaraan seminar, lokakarya, dan kegiatan lain untuk meningkatkan pemahaman tentang alat berat industri.

Kerja sama turut dihadiri Ketua Prodi D3 Otomotif Alat Berat Rasma, ST., MT., Wakil Dekan III FT UMJ Ir. Harwidyo Eko Prasetyo, ST., MT., jajaran Dosen Prodi D3 Otomotif Alat Berat, dan Karyawan PT NPH.

Editor: Dinar Meidiana