Jumat, 28 Juni 2024
Pondok Pesantren

100 Tahun Gontor: Tanamkan Dinamika dan Harmoni melalui Gontor Marching Band Competition

100 Tahun Gontor: Tanamkan Dinamika dan Harmoni melalui Gontor Marching Band Competition

GONTOR- Jika awan memiliki suara, mungkin ia akan terdengar semerdu denting terakhir dari marimba yang diketuk pada pagelaran Gontor Marching Band Competition (GMBC) 100 tahun Gontor.

GMBC Digelar selama 3 hari (19-21 Juni 2024), sebagai ajang peningkatan potensi santri melalui marching band yang meninggalkan jejak-jejak pendidikan di tiap tangga nadanya.

Keindahan seni bisa menyatukan hati dan rasa, demikian disampaikan oleh Dr Riza Ashari, Ketua peringatan 100 tahun Gontor divisi Gontor.

Pimpinan PMDG pada upacara penutupan GMBC 100 Tahun Gontor.

“Dalam kebersamaan itulah, seni dapat kita manfaatkan secara positif untuk membentuk karakter santri,” ungkap Ustadz yang saat santri ini berperan sebagai field commander Marching Band Gema Nada Darussalam.

Walhasil, santri dapat menjadi pribadi yang luwes, menghargai dinamika kehidupan sebagaimana ia mampu mengapresiasi dinamika serta perbedaan karakter tiap alat musik dan harmoninya.

Pemenang lomba berpose bersama dengan Pimpinan Pondok dan panitia penyelenggara.

Selain sebagai ajang peningkatan skill, momen ini juga menjadi kesempatan untuk bersilaturahim antar marching band tiap kampus Gontor yang semakin berkembang.

“Tidak terbayang saat ini bisa berkembang seperti ini. Dulunya marching band di Gontor hanya diawali dengan memukul panci dan kuali,” papar Ust Riza.

Namun perjalanan masih panjang untuk mewarnai peradaban dunia dengan keindahan seni Islam. “Ibarat tangga nada, kita masih di C2. Masih banyak nada yang harus didaki. Doakan semoga kuat dan sabar,” pungkas Dr Riza.

(Berita: Taufiq; Foto: Fatur; Reviewer: Riza Ashari)

Related Articles:

MARCHING BAND GONTOR 7 TAMPIL DI HUT PGRI SE-KONAWE SELATAN

Reog dan Marching Band Meriahkan Apel Tahunan Kampus 11, Sulit Air

Marching Band Gema Nada Darussalam (MBGND)