Sabtu, 29 Juni 2024
Pondok Pesantren

Apel Tahunan: Pimpinan PMDG Tegaskan Komitmen Pondok Untuk Agama

Apel Tahunan: Pimpinan PMDG Tegaskan Komitmen Pondok Untuk Agama

GONTOR- Apel Tahunan di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dilaksanakan pada hari Ahad (26/5), di Lapangan Sepak Bola PMDG. Dentang bel Menara Masjid Jami’ menandakan dimulainya apel tepat pada pukul 07.00 WIB.

Seluruh santri berdiri rapi di bawah komando 6 orang komandan peleton serta seorang komandan upacara. Apel Tahunan diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih di langit Kampung Damai oleh Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA).

Pengibaran bendera Merah Putih pada Apel Tahunan.

Ketiga Pimpinan Pondok Modern Gontor terlebih dahulu mengadakan inspeksi barisan ke seluruh barisan peserta upacara dengan didampingi oleh Anggota Badan Wakaf dan Ketua-ketua Lembaga di PMDG.

Setelahnya, Pimpinan Pondok memberikan nasihat sekaligus amanah di hadapan seluruh Keluarga Besar Pondok. Dalam pidatonya, Beliau menegaskan bahwa Gontor sejak awal berdirinya selalu konsisten dan berkomitmen dalam menjaga nilai-nilai kepondokmodernan.

Inspeksi barisan Peserta Upacara oleh Inspektur Upacara.

“Keluarga besar pondok dengan segala kelebihan dan kekurangannya selalu optimis dan tidak pernah pesimis dalam mengawal nilai-nilai. Kita tetap tegar, tangguh, tangkas, tanggap, tegas, dan berkomitmen untuk menjaga nilai-nilai. Pondok tidak pernah tergabung di bawah kelompok manapun, lembaga manapun, atau partai apapun,” tegas K.H. Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Gontor.

Suasana barisan peserta upacara selama berjalannya upacara.

Di akhir pidato, Beliau mendoakan kelancaran dan kemudahan untuk Pondok dan seluruh keluarga besarnya dalam mengemban amanah sebagai generasi yang berkomitmen menjaga dan menegakkan nilai-nilai keislaman.

Mudah-mudahan PMDG senantiasa dalam lindungan dan limpahan rahmat Allah SWT untuk memperjuangkan agama dan meninggikan kalimat-Nya. Allahumma Amin.

(Berita: Mahadi; Foto: Qoid, Wahyu, Kurnia; Reviewer: Winka Ghozi).

Related Articles:

Api Perjuangan dalam Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy 2022

Gelaran Apel Tahunan; Khidmat, Anggun, Menawan

Apel Tahunan PKA; Keindahan Tulip, Jadi Maskot Siswi Akhir KMI