Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Tim PKM LPPM Unimed Membantu dan Membina Masyarakat Untuk Peningkatan Kesejahteraan

Tim PKM LPPM Unimed Membantu dan Membina Masyarakat Untuk Peningkatan Kesejahteraan

Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) setiap tahunnya mengabdikan segala potensi yang dimiliki untuk membantu membina masyarakat, khususnya di Sumatera Utara. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen merupakan upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang seperti pendidikan, sosial, maupun usaha. Pembinaan dilaksanakan oleh tim dari berbagai disiplin ilmu.

Salah satu kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Dr. Winsyahputra Ritonga, S.Pd., M.Si, berjudul “Pembinaan Kelompok Usaha Roti May’s Kitchen untuk Peningkatan Produksi dengan Menerapkan Teknologi Tepat Guna di Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai.” Dalam pelaksanaannya, Dr. Winsyahputra dibantu oleh anggota tim yang terdiri dari Dr. Dedy Husrizal Syah, S.E., M.Si, Maya Oktora, S.Pd., M.Hum, Ahmad Andi Solahuddin, S.T., M.T, dan Dr. Hermawan Syahputra, S.Si., M.Si. Tim ini telah melakukan pembinaan sejak beberapa bulan yang lalu hingga saat ini.

Ketua pelaksana Dr. Winsyahputra Ritonga, S.Pd., M.Si dalam sambutannya pada saat penyerahan teknologi tepat guna menyatakan kesenangannya atas respon masyarakat yang antusias dalam menjalankan program pengabdian ini. Respon yang baik ini sejalan dengan banyaknya kegiatan yang telah dilakukan oleh dosen Unimed di Desa Mangga Dua sejak tahun 2015, di antaranya pembinaan kelompok UPPKS, pembinaan kelompok bordir yang telah berhasil di level nasional dan internasional, pembinaan kelompok usaha keripik, pembinaan kelompok usaha donat, pembinaan kelompok usaha jamu berbasis tradisional suku Jawa, hingga kegiatan hari ini penyerahan teknologi Tepat Guna (TTG) yang akan dilanjutkan dengan pendampingan manajemen usaha khususnya pembukuan dan pemasaran oleh Dr. Dedy Husrizal Syah. Prestasi yang telah diperoleh tim Unimed dan masyarakat sangat membanggakan bagi Universitas Negeri Medan, walaupun beliau menyatakan masih banyak potensi yang dimiliki Desa Mangga Dua yang belum tersentuh. Beliau berpesan kepada masyarakat yang hadir, termasuk Kepala Desa dan empat kepala lingkungan, agar tetap berupaya menggali dan mengembangkan potensi yang ada sembari Unimed akan terus melakukan pendampingan melalui program pengabdian setiap tahunnya.

Mendengar sambutan dari Ketua Pelaksana yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Rektor II Unimed, Kepala Desa Mangga Dua merasa sangat berterima kasih atas perhatian dan sumbangsih Unimed dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dalam sambutannya, Kepala Desa menyampaikan bahwa telah banyak peningkatan perekonomian masyarakat desa dengan kehadiran tim pengabdi Unimed. Beliau sangat berharap ke depannya tim Unimed dapat mendampingi Desa Mangga Dua dalam menjalankan program desa untuk menciptakan desa agro wisata yang sedang dipersiapkan.

Ibu Mayurita, sebagai ketua kelompok usaha, mengucapkan ribuan terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan tim pengabdi Unimed, baik ilmu pengetahuan maupun teknologi tepat guna yang sangat bermanfaat dalam peningkatan produksinya. Hal ini terbukti dengan adanya TTG ini ia dapat meningkatkan produksi dan penjualannya. Beliau sangat tidak menyangka betapa baiknya tim yang selama ini mendampingi dan mendapatkan TTG yang selama ini ia harapkan. “Semoga Unimed semakin maju dan terus membantu masyarakat dalam berbagai bidang,” ucapnya.(Humas Unimed)