Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

UAD Tawarkan Berbagai Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

UAD Tawarkan Berbagai Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung Kampus I A Universitas Ahmad Dahlan (Dok. Humas dan Protokol UAD

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan fokus yang kuat pada pengembangan akademik dan karakter, menawarkan berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru yang menarik untuk calon mahasiswa. Berikut adalah beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang tersedia di UAD.

  1. Seleksi Bebas Tes

Seleksi Bebas Tes merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik (rapor atau SKL/ijazah atau UTBK) atau nonakademik di bidang seni, sains, olahraga, organisasi, dan keagamaan (pengurus organisasi intra atau ekstra sekolah). Seleksi ini terdiri atas jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dan PSB (Penelusuran Siswa Berprestasi).

1. Seleksi Tes

Seleksi Tes atau Computer Based Test (CBT) adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan tes/ujian menggunakan komputer/laptop sebagai pengganti lembar soal dan jawaban sehingga pengumuman dapat dilihat langsung setelah ujian selesai.

Ujian CBT dilaksanakan di Ruang CBT Kampus IV (Utama) UAD, setiap pendaftar mendapat 2 kali kesempatan ujian CBT, ujian kesempatan 2 wajib dilaksanakan dalam gelombang pendaftaran yang sama.

2. Seleksi Beasiswa

Seleksi Beasiswa adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan nilai akademik dan prestasi kejuaraan atau hafalan Al-Qur’an, untuk pendaftar yang dinyatakan lulus dan diterima akan mendapatkan beasiswa berupa gratis biaya kuliah atau potongan biaya kuliah selama 8 semester.

Program studi/jurusan dan kuota beasiswa terbatas, pendaftar hanya bisa memilih prodi/jurusan sesuai dengan yang ditawarkan.

3. Seleksi Kedokteran

Seleksi Kedokteran yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru khusus untuk prodi/ jurusan kedokteran. Adapun seleksi kedokteran terdiri atas 3 tahapan seleksi, yakni:

  • Seleksi dengan nilai akademik (PSB Rapor Kedokteran) atau nilai UTBK (PSB UTBK Kedokteran) atau sertifikat Hafiz Qur’an (PSB Hafiz Kedokteran) atau dengan seleksi tes CBT Kedokteran
  • Psikotes dan Tes IQ
  • Wawancara dan Tes Kesehatan

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Ahmad Dahlan Tahun 2024 selengkapnya di https://pmb.uad.ac.id/

Dengan berbagai jalur penerimaan yang tersedia, UAD berkomitmen untuk memberikan akses yang adil dan merata bagi calon mahasiswa dari berbagai latar belakang. Melalui seleksi yang transparan dan proses yang terkelola dengan baik, UAD terus berupaya menjaga kualitas pendidikan tinggi dan kontribusi positifnya terhadap masyarakat Indonesia. (Lid)

uad.ac.id