Minggu, 30 Juni 2024
Perguruan Tinggi

UNRI Menjadi Tempat Pendaftar Ujian Terbanyak pada UTBK SMMPTN Barat 2024

UNRI Menjadi Tempat Pendaftar Ujian Terbanyak pada UTBK SMMPTN Barat 2024

Unrinews. Sebanyak 3.822 peserta melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) di Kampus Universitas Riau (UNRI), mulai hari ini, 27 Juni hingga 29 Juni 2024 mendatang.

Pada hari pertama UTBK ini, pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar dan semua SOP pelaksanaan ujian telah dilaksanakan dengan baik. Demikian disampaikan Rektor UNRI Prof Dr Sri Indarti SE MSi, melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Mexsasai Indra SH MH.

Secara umum, pelaksanaan UTBK-SMMPTN Barat yang dikuti oleh 25 PTN Wilayah Barat ini dilaksanakan dari tanggal 27 Juni 2024 s.d 5 Juli 2024. Namun setelah rekapitulasi jumlah peserta yang sudah mendaftar, serta melihat ketersediaan jumlah lokasi dan ruangan ujian, maka di lokasi UTBK UNRI cukup melakukan ujian selama tiga hari, dengan frekuensi ujian sebanyak dua sesi setiap harinya.

“Dari 25 PTN yang tergabung dalam konsorsium BKS PTN Barat yang melaksanakan UTBK ini, UNRI menjadi tempat pendaftar ujian terbanyak dalam pelaksanaan ujian UTBK SMMPTN tahun 2024 ini. Maka setelah kita kalkulasikan, pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat di UNRI ada sebanyak 6 sesi, dengan jumlah ruangan sebanyak 33 ruangan  yang berada pada 11 lokasi di Kampus UNRI,” jelas Mexsasai.

Lokasi pelaksanaan UTBK- SMMPTN Barat di UNRI ada 11 lokasi yang penyebarannya adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Keperawatan (FKp), UPT Bahasa, dan UPT TIK UNRI.

Lebih lanjut, Mexsasai menjelaskan bahwa nilai yang diperoleh dalam UTBK- SMMPTN Barat ini akan menjadi penentu bagi peserta untuk bisa bersaing dan lulus pada Program Studi maupun Perguruan Tinggi pilihannya, dalam hal ini dengan 25 perguruan tinggi yang telah bekerjasama.

Hasil seleksi SMMPTN Barat 2024 akan diumumkan secara online pada tanggal 9 Juli 2024 pukul 16.00 WIB melalui laman pengumuman.smmptnbarat.id atau http://smmptn.unri.ac.id. Selain itu, pengumuman hasil juga bisa diakses melalui laman mirror masing-masing pada 25 perguruan tinggi yang tergabung dalam BKS PTN Barat. (mukmin. foto: januardi)***

UNRI Menjadi Tempat Pendaftar Ujian Terbanyak pada UTBK SMMPTN Barat 2024
UNRI Menjadi Tempat Pendaftar Ujian Terbanyak pada UTBK SMMPTN Barat 2024