Minggu, 30 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Buka Pameran Seni Rupa, Wakil Rektor Bangga Atas Kreativitas Mahasiswa PGMI

Buka Pameran Seni Rupa, Wakil Rektor Bangga Atas Kreativitas Mahasiswa PGMI

Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menyelenggarakan pameran seni rupa. Pameran dengan mengusung tema “Fatamorgana Suara Rakyat” berlangsung di Auditorium Chatib Quzwain Kampus II UIN STS Jambi 27 – 28 Juni 2024.

Pameran dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Serta dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Ketua Program Studi PGMI, Dosen Pengampu Mata Kuliah Kerajinan Tangan dan Seni Rupa serta tamu undangan lainnya, Kamis, (27/06).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Jamaluddin, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas terlaksananya pameran ini. “Hadirnya Prodi PGMI, telah memberi warna pada UIN STS Jambi. Sebab dengan hadirnya PGMI menawarkan seni memberikan warna bagi dunia. Dunia tanpa seni tidak lebih dari dunia robot yang kaku tidak ada improvisasi, tanpa ekspresi, dan tanpa perasaan. Dunia tanpa seni adalah dunia yang buta akan keindahan, karena seni yang memperkenalkan keindahan pada dunia,” ungkap Wakil Rektor.

Salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini, yaitu untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah kerajinan tangan dan seni rupa. Pameran ini juga sebagai apresiasi hasil karya mahasiswa melalui pemeran. Dengan harapan, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat kepada mahasiswa PGMI saja, tetapi juga kepada pengunjung pameran yang datang.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Lukman Hakim, M. Pd. I., menyatakan bahwa pimpinan sejak awal sangat komitmen mendorong berbagai kegiatan dan kreativitas mahasiswa.
“Semoga nanti Pak Wakil Rektor III juga bisa memberikan sumbangsih dan dukungan dalam hal ini,” katanya.

Dosen pengampu mata kuliah kerajinan tangan dan seni rupa Rhesti Laila Ulfa, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai jawaban dari keresahan dan kerisauan masyarakat terhadap kemampuan yang dimiliki oleh Mahasiswa lulusan PGMI. “Kami berupaya memberikan pemahaman dari kerisauan terhadap kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa lulusan PGMI terkait kurangnya pemahaman untuk mengajarkan seni rupa. Hari ini kita menyaksikan Mahasiswa PGMI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah disiapkan dan dibekali kreativitas seni rupa,” ungkap Rhesti. (*)