Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Unila Teken MoU dengan PT Telekomunikasi Indonesia

(Unila): Universitas Lampung (Unila) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk., tentang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan kerja sama dalam bidang information technology.

Penandatanganan dilakukan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., dan Executive Vice President at PT Telekomunikasi Indonesia Djatmiko, di ruang pertemuan Novotel, Bandar Lampung, Jumat, 28 Juni 2024.

Djatmiko dalam sambutannya menyatakan, sebagai salah satu perusahaan milik negara, Telkom senantiasa siap berkolaborasi dan memberikan dukungan untuk bersama-sama berkontribusi lebih besar untuk bangsa di era VUCA.

Ia menuturkan, dalam situasi saat ini setiap pihak harus menumbuhkembangkan setiap aspek yang sesuai guna meningkatkan kualitas. Ia menyontohkan penggunaan artificial inteligen di berbagai aktivitas menjadi tren terbaru di kalangan generasi masa kini dan ini sekaligus menjadi tantangan.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN, Telkom meraih banyak prestasi melalui pemberian surplus anggaran terbesar pada tahun lalu dengan komposisi 70 -an anak perusahaan yang berada di bawah Telkom. Ia menekankan salah satu kunci untuk meraihnya yakni selalu berpikir inovasi dan kreatif.

“Telkom senantiasa siap berkolaborasi dan memberikan dukungan untuk bersama-sama berkontribusi lebih besar bagi bangsa di era VUCA”, ujarnya.

Di kesempatan terpisah, Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani menerangkan, urgensi penandatanganan nota kesepahaman antara PT Telkom Indonesia Tbk., dan beberapa perguruan tinggi Lampung yang salah satunya adalah Unila, merupakan momentum kerja sama untuk mendukung proses pembelajaran di lingkungan, khususnya implementasi program MBKM.

Ia menuturkan, PT Telkom sebagai salah satu BUMN dengan capaiannya tadi diharapkan dapat menyerap berbagai segmen kerja sama yang ada di perguruan tinggi, khususnya untuk mahasiswa Unila yang bisa diterima magang di Telkom sebagai bagian dari berkelanjutannya MBKM.

Selain mahasiswa program kerja sama ini terbuka bagi dosen dan peneliti untuk melakukan pertukaran kerja sama di bidang penelitian, riset, dan praktisi mengajar.

“Kami berharap rekrutmen pegawai di lingkungan PT Telkom. Mudah-mudahan alumni dari Unila banyak yang bekerja di PT Telkom”, ujarnya. [Riky Fernando]