Senin, 17 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Ribuan Responden Sukseskan Survei Dampak Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ribuan Responden Sukseskan Survei Dampak Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta kembali berhasil mendapatkan Bantuan Pendanaan Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta di akhir tahun 2021, (31/12/21).

Tim peneliti UMJ yang memenangkan dana bantuan ini, baru saja menggelar kegiatan survei  tentang dampak implementasi program MBKM di kampus UMJ yang memberikan motivasi kepada seluruh sivitas akademika untuk memberikan layanan kepada mahasiswa dalam melaksanakan MBKM, baik perkuliahan di lintas prodi, dalam dan luar perguruan tinggi. Program MBKM yang telah diimplementasikan oleh UMJ sejak tahun 2020 bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Dr. Herwina Bahar, M.A, sebagai Ketua Tim Peneliti menjelaskan bahwa survei yang dilakukan terkait implementasi Program MBKM di UMJ ini, melibatkan responden dari unsur tendik (tenaga kependidikan), mahasiswa dan dosen. Ketiga unsur ini berperan aktif dalam pengisian survei secara online melalui laman Spada, dengan jumlah responden sebagai berikut:

1.            345 Respondon dari Tendik

2.            7.220 Responden dari Mahasiswa

3.            350 Responden dari Dosen.

Survei tersebut memperoleh hasil sebagai berikut; (1) 78,5% dosen mengetahui bahwa terdapat program yang sesuai dengan bentuk kegiatan MBKM di prodi masing-masing, (2) 79% mahasiswa mengetahui bahwa terdapat program yang sesuai dengan bentuk kegiatan MBKM di prodi masing-masing, (3) 83,1% tendik di UMJ mengetahui  bahwa terdapat program yang sesuai dengan bentuk kegiatan MBKM di UMJ.

“Kami mengapresiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia atas Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta 2021.  UMJ akan terus berupaya untuk menghasilkan lulusan yang selalu menjadi pembelajar sejati yang kompeten, lentur, dan ulet ketika mahasiswa berada di luar kampus, satuan pendidikan, maupun di dunia usaha, dan dunia industri”, ucap Herwina. (Dina/humas)