Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Juara Terus dan Terus Juara, SMPN 4 Pakem Raih Gold Tingkat Asia 2021

Juara Terus dan Terus Juara,  SMPN 4 Pakem Raih Gold Tingkat Asia 2021

Gambar dari sasmo.sg

            Lagi-lagi prestasi ditorehkan oleh siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem pada masa pandemi COVID-19. Di tengah masa sulit ini, keadaan boleh saja berbeda, tapi semangat dan iklim untuk mengasah potensi diri selalu dijaga dan semakin membara setiap harinya.  Ya, masa pandemi rupanya bukan penghalang bagi Pradnya Siwi untuk meraih prestasi.  Seperti halnya Janu Lanang Putrantoro, salah satu siswa kelas 7 yang baru-baru ini meraih Gold Award di SASMO 2021. Ini adalah prestasi yang kesekian di bidang Matematika. Kecintaannya dengan matematika membuat Janu Lanang terus mengeksplor berbagai kompetisi matematika baik tingkat Kabupaten, DIY,  nasional, maupun internasional.

Singapore & Asian Schools Math Olympiad (SASMO) merupakan salah satu ajang olimpiade matematika terbesar di Asia. Tahun ini diikuti oleh 28,760 siswa dari 26 negara dan digelar tanggal 3 April 2021 secara daring. Dikutip dari websitenya, SASMO merupakan kompetisi yang menyediakan wadah internasional siswa  bertujuan untuk mengembangkan intuisi matematis, kemampuan bernalar, berpikir kritis dan logis, serta membangkitkan minat siswa dalam kemampuan pemecahan masalah matematis.

            Prestasi ini tentunya merupakan buah dari kerja keras Janu Lanang, fasilitas dan dukungan dari orang tua serta pembinaan dari sekolah. SMPN 4 Pakem selalu memberi ruang keleluasaan dan dukungan penuh bagi siswa-siswinya yang mengikuti berbagai lomba. Hal ini dikarena semua potensi dan minat mereka di bidang akademik maupun non akademik harus dikenali, difasilitasi dan dikembangkan, dan dihargai melalui berbagai kegiatan yang dapat memberikan mereka pengalaman berharga. Hal ini sudah menjadi branding yang dibentuk oleh SMPN 4 Pakem, yakni Sekolah Berkarakter Juara.