Senin, 29 April 2024
Pondok Pesantren

Belajar Membuat CV (Curriculum Vitae)

Belajar Membuat CV (Curriculum Vitae)

Siswa dan siswi SMK Sahid kelas X Multimedia, belajar membuat CV (Curriculum Vitae) atau biasa dikenal sebagai daftar riwayat hidup. CV merupakan sesuatu yang sangat penting dalam membantu perkembangan karir maupun kemampuan yang dimiliki siswa, CV biasanya digunakan untuk mengirim lamaran pekerjaan, mendapatkan beasiswa, maupun mengikuti kegiatan Magang, Pelatihan hingga PKL (Praktik Kerja Lapangan).

CV menjadi pertimbangan paling awal bagi sebuah Institusi untuk menerima maupun menolak seseorang, untuk bergabung menjadi bagian dari Institusi tersebut. Hal inilah yang membuat CV teramat penting, sehingga meskipun hanya berisi riwayat hidup, CV tidak bisa disusun dengan sembarang jadi atau asal. Hal inilah yang membuat pembelajaran mengenai CV begitu penting.

Pasalnya terdapat fakta yang menunjukkan bahwa banyak orang gagal, untuk melanjutkan karir yang disebabkan oleh kesalahan dalam penyusunan CV. Meskipun tidak ada format khusus untuk membuat suatu CV, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan CV, diantaranya:

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah WhatsApp-Image-2022-02-24-at-18.10.232-1-1030x773.jpeg
  • Data Pribadi

Hal pertama yang harus ada dalam sebuah CV adalah Data Pribadi, yang terkait dengan identitas seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, email dan nomor telepon. Penggunaan data pribadi fungsinya untuk menjadi tanda pengenal sekaligus agar memudahkan proses reqruitment berikutnya.

  • Profil

Profil merupakan deskripsi diri maupun informasi gambaran mengenai siapa diri kamu, apa ketertarikan mu, dan kemampuan apa yang kamu miliki. Fungsinya agar reqruiter mengetahui gambaran tentang diri kamu.

  • Pendidikan

Pendidikan merupakan komponen penting berikutnya yang tidak boleh ditinggalkan, lewat Pendidikan reqruiter akan mengetahui sejauh mana proses pembelajaran mu dilakukan. Hal ini juga akan menjadi pertimbangan untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan yang kamu miliki.

  • Pengalaman Kerja/Magang

Pengalaman kerja dapat menjadi tolak ukur bagi suatu perusahaan untuk melihat sejauh mana kemampuan mu terhadap suatu bidang, namun sebagai pelajar sebagian besar dari kita belum memiliki pengalaman kerja, sehingga bisa digantikan dengan pengalaman Magang atau PKL.

  • Skill

Skill merupakan kemampuan maupun keahlian yang dimiliki seseorang, skill sendiri terbagi menjadi dua jenis, soft skill dan hard skill. Soft skill merupakan kemampuan interpersonal yang ada dalam diri seseorang, seperti komunikatif, dapat bekerjasama, dapat memimpin organisasi dan masih banyak lagi. Sedangkan hard skill merupakan kemampuan spesifik yang dimilili seseorang terhadap suatu bidang, misalnya kemampuan dalam mengoperasikan komputer, Microsoft office, excel, adobe photosop, dan lain sebagainya.

Hal itulah yang dipelajari oleh siswa dan siswi di SMK Sahid, sehingga Ketika nanti siswa hendak mengajukan beasiswa, mencari pekerjaan, mencari tempat PKL, siswa sudah tidak kebingungan lagi bagaimana cara membuat CV.