Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Dikunjungi Universitas Lambung Mangkurat, Undiksha “Sharing” Penggunaan SAKTI

Dikunjungi Universitas Lambung Mangkurat, Undiksha “Sharing” Penggunaan SAKTI

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menerima kunjungan dari Universitas Lumbung Mangkurat, Rabu (23/3/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding terkait pengelolaan keuangan.

Rombongan Universitas Lambung Mangkurat dipimpin oleh M. Rusliansyah, selaku BPP Administrasi Umum Rektorat. Kehadirannya diterima oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan Undiksha, Ni Luh Wayan Yasmiati, S.H.,M.Pd, didampingi Pejabat Fungsional Ahli Madya Bidang Keuangan, Putu Sudiarna, S.P., bersama staf.

Pada kesempatan tersebut, Rusliansyah menyampaikan pengelolaan keuangan yang ingin dipelajari dari Undiksha lebih khusus pada penggunaan Sistem Aplikasi Tingkat Instansi (SAKTI). Sistem yang mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. “Kami juga berterima kasih diterimanya kami disini dengan berbagai persoalan sudah dijawab oleh bagian keuangan,” terangnya.

Dikatakan lebih lanjut, dipilihnya Undiksha sebagai tempat sharing juga tidak terlepas dari prestasi yang diraih dalam bidang keuangan tahun 2021. Kampus terbesar di Bali Utara ini meraih terbaik pertama atas Nilai Kinerja Anggaran (NKA) kategori Badan Layanan Umum dan terbaik ketiga pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi (SAKIP). Ia berharap hasil studi banding ini dapat memperkuat tata kelola keuangan di Universitas Lambung Mangkurat.  “Harapannya setelah mengikuti sharing ini adalah agar ilmu yang kami dapatkan disini bisa diterapkan di kami dan lebih bermanfaat bagi kami,” sambungnya.

Sementara itu, Ni Luh Wayan Yasmiati memberikan apresiasi atasi kunjungan ini. Ia mengatakan Undiksha terus berupaya mengoptimalkan penggunaan SAKTI. Hal tersebut sebelumnya telah didukung dengan bimbingan teknis kepada seluruh staf pengelola keuangan dengan mengundang narasumber dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Singaraja. “Secara teknis kami sharing mulai dari cara pengamprahan awal sehingga kita bisa masuk ke sistem sehingga kita bisa menjelaskan apa yang kita lakukan di Undiksha dan mereka bisa melaksanakan di Universitas Lambung Mangkurat,” ujarnya.

Pada kunjungan kali ini langsung dipraktikkan tata cara pengamprahan keuangan melalui sistem aplikasi SAKTI. Hal ini untuk mengetahui kendala yang dihadapi agar selanjutnya bisa dilakukan penyempurnaan sesuai dengan pembinaan dari KPPN.

Selain Universitas Lambung Mangkurat, sebelumnya sudah ada sejumlah perguruan tinggi yang studi banding terkait pengelolaan keuangan ke Undiksha. Bagi jajaran Undiksha, hal tersebut menjadi salah satu ruang untuk saling bertukar informasi dalam rangka meningkatnya kualitas masing-masing lembaga. (hms)