Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Konsolidasi IKA Undiksha: Perkuat Sinergi, Pacu Kontribusi

Konsolidasi IKA Undiksha: Perkuat Sinergi, Pacu Kontribusi

Singaraja- Ikatan Keluarga Alumni Universitas Pendidikan Ganesha (IKA-Undiksha) menggelar konsolidasi, Sabtu (2/4/2022). Acara yang berlangsung secara daring ini dihadiri pengurus pusat, daerah, fakultas, dan program studi. Momentum ini juga sekaligus untuk memperkuat sinergi dan menyamakan semangat untuk bisa berkontribusi lebih besar bagi lembaga maupun masyarakat.

Acara ini dibuka oleh Wakil Ketua II IKA Undiksha, Dr. I Made Tegeh, M.Pd. Ia mengatakan alumni memiliki peran yang sangat penting bagi lembaga, salah satunya dalam pelaksanaan akreditasi program studi maupun universitas. “Karena setiap akreditasi, itu pasti diminta aktivitas IKA seperti apa. Peran untuk prodi, kepada fakultas, pascasarjana, universitas, itu biasanya menjadi penilaian penting,” katanya.
Melalui konsolidasi ini, lanjut Tegeh, ke depan IKA Undiksha diinginkan dapat didukung dengan sinergi yang kuat, baik antarpengurus maupun antaranggota. Demikian juga dengan kontribusi bagi lembaga dan masyarakat dapat semakin besar melalui pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun program yang sejalan dengan visi Undiksha yang terbingkai dengan falsafah Tri Hita Karana. “IKA ini sudah lama terbentuk. Ke depan, ini perlu kita sinergikan dan terbangun keharmonisan. Seperti yang digaungkan oleh pimpinan Undiksha,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I IKA Undiksha, Prof. Dr.I Gede Astra Wesnawa, M.Si., yang menjadi pemantik diskusi menyampaikan alumni Undiksha diinginkan selalu memiliki citra yang positif. Citra tersebut dapat terwujud dari peran dan kiprahnya yang memberikan manfaat untuk masyarakat, mampu meningkatkan mutu dan prestasi kerjanya, bisa membuktikan kemampuannya, dedikasi, kesetiaan, dan komitmennya terhadap tugas dan tanggungjawab yang dibebankan padanya di masyarakat, dan sebagainya.

Senada dengan Tegeh, menurut Astra Wesnawa, dalam kaitannya dengan kinerja Undiksha, IKA perlu terus meningkatkan peranan almamater dalam melaksanakan Tri Dharma Peguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga meningkatkan pengabdian alumni Undiksha dalam pembangunan bangsa dan negara. Hal tersebut sejalan dengan tekad yang dimiliki, yaitu mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan semangat juang yang tinggi serta mampu meraih prestasi. “Inilah tujuan dan tekad dari IKA Undiksha. Bagaimana kita bisa berkontribusi untuk lembaga maupun untuk masyarakat,” tegasnya. (hms)