Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Era Revolusi Industri 4.0, Undiksha Dorong Kreativitas dalam Pembelajaran

Era Revolusi Industri 4.0, Undiksha Dorong Kreativitas dalam Pembelajaran

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus mendorong dosen maupun mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran. Hal tersebut sangat penting, khususnya di era revolusi industri 4.0. Sejalan dengan itu, perguruan tinggi terakreditasi unggul ini menyiapkan ruang untuk berbagi pengetahuan dengan menggelar workshop, Sabtu (2/4/2022).

Materi workshop yang berlangsung secara daring secara khusus membahas “Desain Visual Kreatif untuk Slide Presentasi Akademik”. Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, M.T., MPA., Founder Blog Presenter Map. Ia juga sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi. Acara ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa.

Materi tersebut sangat berkaitan erat degan proses pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Sekretaris Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Undiksha, Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, S.Pd.,M.Kes., mengatakan era revolusi industri memberikan dampak terhadap dunia pendidikan. Peserta didik dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi tentang pengetahuan melalui teknologi informasi. Realitas ini menjadi sebuah tantangan bagi para tenaga pendidik. “Di era revolusi industri 4.0, peran pendidik itu menjadi bergeser. Dengan hadirnya google, sehingga sering peserta didik atau mahasiswa mencari informasi, literatur lewat google saja,” katanya.

Lebih lanjut, Lanang Parwata menyampaikan ada lima strategi yang dapat diterapkan para tenaga pendidik di era revolusi industry 4.0. Pertama, adalah membantu siswa dalam belajar. Kedua, memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang dan berprestasi. Ketiga, penguatan pendidikan karakter. Keempat, adalah melek teknologi. Terakhir, menjadikan guru sebagai pendidik yang efektif. “Berkaitan dengan melek teknologi, materi pada kegiatan ini adalah salah satu media yang perlu dikembangkan oleh seorang pendidik. Sehingga dengan melek teknologi, dapat menjadikan guru semakin kreatif,” tegasnya.
Tidak berbeda dengan dosen, mahasiswa juga harus mampu menunjukkan kreativitas, salah satunya dalam slide presentasi akademik. Hal tersebut penting dalam rangka menumbuhkan ketertarikan dari orang lain untuk menyimak materi yang disampaikan. (hms)