Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

PPG Daljab 2022: Dipercaya sebagai Pelaksana Seleksi, Undiksha Mantapkan Persiapan

PPG Daljab 2022: Dipercaya sebagai Pelaksana Seleksi, Undiksha Mantapkan Persiapan

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dipercaya sebagai salah satu pelaksana seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-Daljab) tahun 2022, bersama sebelas perguruan tinggi lainnya yang berstatus sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Menghadapi seleksi tersebut, panitia pelaksana Undiksha memantapkan persiapan melalui rapat koordinasi secara daring, Senin (4/4/2022) malam. Pada kesempatan tersebut, Koordinator PPG Undiksha, Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd., menjelaskan Undiksha sebagai LPTK untuk pertama kali dilibatkan di dalam kegiatan seleksi akademik peserta PPG. Berbeda dengan sebelumnya yang hanya menerima mahasiswa dari pusat untuk mengikuti PPG. “Jadi ini pertama kalinya kita menjadi pelaksana seleksi akademik,” katanya.

Disampaikan lebih lanjut, secara nasional terdapat 390.231 orang peserta yang telah lolos seleksi administrasi. Secara khusus untuk peserta seleksi akademik di Undiksha sebanyak 3.944 orang. Seleksi dilaksanakan dalam lima tahap yang dijadwalkan pada bulan April 2022. “Setiap tahap nanti berlangsung selama dua hari dan setiap hari ada dua sesi. Jumlah peserta per sesi sebanyak 986 orang,” terangnya.

Pelaksanaan seleksi, kata Nurjaya serupa dengan ujian pengetahuan PPG tahun sebelumnya, yaitu berbasis domisili. Artinya, peserta tidak datang ke Undiksha, tetapi mengikuti seleksi di rumah masing-masing atau tempat yang terjangkau akses internet. Seleksi ini diawasi dengan ketat dan terdapat berbagai ketentuan yang harus diikuti oleh peserta. “Pengawas yang terlibat dalam seleksi ini sudah pernah terlibat pada PPG sebelumnya. Sudah memiliki pengalaman. Tetapi kami tetap melakukan persiapan secara maksimal agar seleksi berjalan lancar,” imbuhnya.

Pada rapat koordinasi ini, hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I. Dalam arahannya, ia menyampaikan dalam beberapa tahun terakhir, Undiksha telah dipercaya melaksanakan program PPG, baik dalam jabatan maupun prajabatan. Pengalaman tersebut dapat dijadikan pelajaran untuk pelaksanaan seleksi akademik tahun ini. “Mudah-mudahan tahun ini kita bisa melaksanakan PPG yang lebih baik dari sebelumnya. Walaupun sebelumnya sudah berjalan optimal dan berjalan lancar,” harapnya.

Ia mengatakan seleksi ini harus tetap mengedepankan integritas, transparansi, dan security. Hal tersebut sangat penting dan menjadi bagian dari upaya untuk mewujudkan guru-guru yang semakin unggul nantinya. (hms)