Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

63 TAHUN ULM : TERUS MAJU UNTUK INDONESIA

63 TAHUN ULM : TERUS MAJU UNTUK INDONESIA

Banjarmain, Senat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar Sidang Terbuka dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-63 pada Selasa (21/9/2021). Sidang terbuka dipimpin oleh Ketua Senat Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS yang didampingi Rektor Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc turut dihadiri oleh anggota senat dan beberapa tamu VIP antara lain Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H.,  Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Dr (HC) H. Supian HK, SH, MH., Wakil Walikota Banjarmasin Dr. Ir. H. Arifin Noor, MT dan tamu undangan lainnya. Perayaan digelar sederhana sembari menerapkan protokol kesehatan di General Building ULM Banjarmasin dan siarang langsung melalui aplikasi Zoom dan Youtube.

Dalam sambutannya, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan apresiasi kepada ULM sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di Kalimantan Selatan. Gubernur Kalsel juga berpesan kepada ULM agar mengedepankan kualitas dibanding kuantitas, serta mampu berkembang sesuai tuntutan zaman. “Seluruh Perguruan Tinggi di Kalsel saya harapkan memberikan paradigma baru dalam memaknai hasil pendidikan di antaranya paradigma berfikir kita agar sarjana mampu menciptakan lapangan kerja, setidaknya untuk dirinya sendiri,” ucap Gubernur Kalsel.

Dalam pidato, Rektor melihat kemajuan pada ulang tahun ke-63, Universitas Lambung Mangkurat tentu telah berkembang sedemikan rupa. Didirikan pada tahun 1958 dengan 4 fakultas, kini ULM telah memiliki total 11 fakultas dan 64 program studi dengan total 95% dari total 110 program studi memiliki akreditasi A dan B. ULM juga telah berhasil menambah jumlah profesor sehingga dapat memperoleh izin untuk membuka program doktor yang baru. Hingga saat ini ULM memiliki  4 (empat) program doktor yakni program Doktor Studi Pembangunan, program Doktor Ilmu Lingkungan, program Doktor Hukum, dan program Doktot Ilmu Pertanian. “ULM berhasil mampu mempertahankan kualitas pendidikan di tengah-tengah pandemi,” ucap rektor dalam pidatonya.

Dalam Dies tahun ini ULM memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Gubernur Sahbirin Noor atas kontribusi dan perhatian yang selama ini diberikan kepada ULM. Untuk tahun ini ULM mendapat hibah untuk dana Penelitian sebesar Rp. 745.770.600 dan juga Rp. 4 Miliar untuk pembangunan gedung baru Fakultas Kedokteran Gigi. ULM juga memberikan penghargaan kepada dosen berprestasi, tenaga pendidik berprestasi, serta dosen dan tekdik yang purna tugas atau meninggal dunia yang diserahkan oleh Ketua Senat Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS atas jasa mereka terhadap ULM sehingga menjadikan ULM seperti sekarang.

Dalam acara peringatan Dies Natalis ULM ke-63 juga disampaikan orasi ilmiah oleh Dr. Dr. H. Huldani, MM., M.Imun. Orasi ilmiah tersebut berjudul “Lari 12 Menit Meningkatkan Sistem Imun Pada Masa Pandemi Covid.”