Kamis, 16 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Prof Rokhmin Dahuri Berikan Kuliah Umum Kewarganegaraan kepada Mahasiswa UNTAN

Prof Rokhmin Dahuri Berikan Kuliah Umum  Kewarganegaraan kepada Mahasiswa UNTAN

Pontianak, Universitas Tanjungpura – Pusat Studi Mata Kuliah Wajib Kurikulumn (MKWK) Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Tanjungpura (LP3M UNTAN) mengadakan Kuliah Umum (Stadium General) Kewarganegaraan secara luring dan daring untuk dosen mata kuliah MKWK Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 di Hotel Mercure Pontianak, pada Rabu (6/10/2021).

Kuliah umum dengan Tema Wawasan Nusantara sebagai Perwujudan Kesatuan Ekonomi tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Radian yang mewakili Rektor UNTAN. Dalam sambutannya, Radian memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. H. Rokhmin Dahuri, M.S yang bersedia hadir memenuhi undangan LP3M UNTAN untuk menjadi narasumber kegiatan Kuliah Umum (Stadium General) Kewarganegaraan.


Sementara itu, dalam paparannya yang berjudul Wawasan Nusantara Sebagai Dasar Pembangunan Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Maju, Adil, Makmur dan Berdaulat, Rokhmin Dahuri menyampaikan 7 Aspek penting yang perlu diketahui oleh peserta, yaitu : Status dan tantangan pembangunan Indonesia, Indonesia memiliki modal dasar yang lengkap dan sangat besar untuk menjadi bangsa yang maju adil makmur dan berdaulat, Wawasan nusantara sebagai landasan visional pembangunan bangsa Indonesia, Penyebab ketertinggalan Indonesia, Key Global Trends (Disruptions) yang berpengaruh terhadap peradaban manusia, Peta jalan pembangunan bangsa menuju Indonesia emas 2045, dan Peningkatan peran UNTAN dalam pembangunan Bangsa Indoneisa.


Hadir dalam Kuliah Umum tersebut antara lain Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Kepala Dinas Kelautan Provinsi Kalbar, Walikota Pontianak diwakili oleh staf Ahli Walikota Kusyairi, Wakil Rektor dan Dekan di lingkungan UNTAN, Rektor Perguruan tinggi mitra-mitra UNTAN, Dosen Pengampu mata Kuliah MKWK Kewarganegaraan, dan mahasiswa UNTAN secara luring dan daring.