Selasa, 07 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

GELAR JURNALIS SMAN 1 NARMADA BERSAMA DIKBUD NTB

GELAR JURNALIS SMAN 1 NARMADA BERSAMA DIKBUD NTB

Admin by Husnul Amrullah

Penanggungjawab ; Nursinah

Layout ; M. Amin Kutbi

Editor ; Habiburrahman

(SMANAR, 30 Mei 2022), SMAN 1 Narmada yang diwakili oleh tim media sosial sekolah (Abi “guru” dan Tasya “Siswi”) bersama seluruh sekolah yang ada di Pulau Lombok, mendapat undangan mengikuti pelatihan Jurnalistik sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Rakor (Rapat Koordinasi) Dikbud NTB.

Bimtek sehari tersebut dilaksanakan pada senin, 30 Mei 2022. Salah satu tujuan kegiatan adalah dalam rangka memperkuat tim media social sekolah agar dapat menyebarluaskan dan memberikan informasi yang akurat dan bertanggungjawab mengenai segala peristiwa yang terjadi di lingkungan setempat.

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu sekolah yang ditunjuk oleh dikbud NTB sesuai dengan lokus atau area terdekat dari masing-masing kabupaten kota yang ada di pulau Lombok. diantaranya ; SMKN 3 Mataram sebagai tuan rumah kegiatan untuk wilayah Kota Mataram dan Lombok Barat, SMAN 4 Praya (Lombok tengah), SMAN 1 Pemenang (Lombok Utara) dan SMAN 1 Aikmel untuk peserta yang berasal dari Kabupaten Lombok Timur.

Fairuzzabadi Tahjud (Kabid Kebudayaan Dikbud NTB) yang kerap dipanggil Abu macel langsung membuka materi pelatihan dengan menguraikan salah satu inti jurnalistik ; “Sebuah berita, selain memiliki nilai kebenaran yang minimal terdiri atas 5W dan 1 H, berita juga harus memiliki unsur etika dan estetika dalam mewartakan sebuh berita. Berita yang dipublikasikan harus memuat unsur-unsur berita yang akurat, akuntabel serta bernilai etik dan estetik.

Dalam kesempatan itu, peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil atas praktek pelatihan sehari dalam rakor tersebut. Siswi perwakilan SMAN 1 Narmada mendapat kesempatan pertama (Tim Media dari unsur siswa) dalam hal ini. hasilnya, SMAN 1 Narmada mendapat apresiasi yang luar biasa dari nara sumber (Abu Macel) dan peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat semangat seluruh stakeholder sekolah dalam mewartakan segala bentuk peristiwa di lingkungan sekolah. Selain itu, sekolah sebagai katalis informasi, diharapkan melakukan terobosan dan publikasi melalui media yang up to date, sehingga dapat di akses oleh seluruh masyarakat secara Nasional bahkan Internasional. (Abi)