Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UM Hadiri Roadshow Skema Kerja Sama PT INKA (Persero)

UM Hadiri Roadshow Skema Kerja Sama PT INKA (Persero)
image_pdf

Madiun- Universitas Negeri Malang (UM) bersama sembilan perguruan tinggi hadir dalam Tindak Lanjut Roadshow Skema Kerja Sama PT INKA (Persero) dengan Perguruan Tinggi Tahun 2022.  Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Graha INKA Lantai 3, Jl. Yos Sudarso No.71 Kota Madiun (Kamis, 2 Juni 2022).

Direktur Utama PT. INKA, Ir. Budi Noviantoro menyampaikan ucapan terima kasih atas hadirnya delegasi sepuluh perguruan tinggi. Pria  kelahiran Bojonegoro tahun 1960 ini menuturkan bahwa PT. INKA ingin bersinergi dengan perguruan tinggi dalam berbagai hal, lebih khusus dalam pengembangan penelitian dan peningkatan SDM. Sepuluh perguruan tersebut yaitu; UM, UB, ITS, PENS, Polinema, UMM, UGM, UNS, Unesa dan UNY.

“Bapak/Ibu pimpinan perguruan tinggi yang kami hormati, PT. INKA berbahagia hari ini bisa menerima Bapak Ibu semua. Kami memiliki berbagai platform kerjasama yang nantinya bisa kita diskusikan, terutama dalam bidang penelitian dan pengembangan SDM. Semoga perguruan tinggi Bapak Ibu bisa ikut andil dalam skema-skema kerjasama yang kami tawarkan,” ujarnya.

Lebih lanjut,  Pria yang menyandang sarjana Bidang Sipil Hidrolika di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya tahun 1985 ini menambahkan perlunya adanya sinergitas tenaga-tenaga ahli, khususnya dalam bidang pembuatan kereta cepat yang modern di masa depan.

“Bapak Ibu berikut prototipe kereta cepat yang kami buat salah satunya untuk lintas Jakarta-Surabaya. Berdasarakan kajian kami, sudah saatnya ada kereta cepat yang menghubungkan dua kota besar ini. Kami ingin Bapak Ibu juga bisa menyumbangkan pemikiran untuk model kereta yang lebih baik. Kami telah menghabiskan banyak waktu hanya untuk membuat bentuk kepala kereta ini saja,” ujar Dirut PT INKA yang disambut gelak tawa peserta.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan testimoni oleh founder D’Tech Enginering, Alfian Fuadi. Pria kelahiran Salatiga, 2 Juli 1986 ini, karya-karyanya telah tersebar ke berbagai perusahaan yang tersebar di Asia, Eropa dan Amerika di bidang desain kereta.  

Skema kerjasama yang ditawarkan oleh PT INKA antara lain; bidang design dan enginerr, programmer & IT Engineering, SDM dan Pengembangan Perusahaan, Manjemen Resiko dan Legal, Project Management & Kajian Project, dan penelitan. Dari berbagai skema tersebut UM berpartisipasi dalam booth penelitian dan SDM & pengembangan perusahaan.

Kepala Pusat HKI, Inkubasi Bisnis, Komersialisasi, dan Afiliasi Industri, LPPM UM, Prof. Dr. Muhammad Alfian Mizar, M.P. menyampaikan bahwa dirinya dan tim tertarik untuk mendalami penelitian bersama PT.INKA. Lebih lanjut Guru besar Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UM ini akan membahas secara teknis terkait skema pembiayaan penentiannya.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini ditutup dengan plant tour dengan melihat proses pembuatan kereta PT. INKA.

Galeri >>

Penulis : Suhardi