Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Kelas Keterampilan Busana MAN 1 Bone kembali Aktif

 Watampone, (Humas MAN 1 Bone) – MAN 1 Bone merupakan salah satu madrasah plus keterampilan yang memiliki kelas Tata Busana. Di kelas ini para siswa akan dibina untuk memiliki pengetahuan tata busana seperti pengukuran, pembuatan pola baju, menggunting bahan, dan menjahit bahan.

Kelas tata busana di bina oleh tenaga pendidik yang profesional dalam bidangnya yaitu Suraedah, Muharram dan Radianti. Kelas tata busana merupakan salah satu pilihan  kelas keterampilan selain pengelasan.

   

Kelas tata busana di MAN 1 Bone ada tiga kelas, yaitu terdapat satu kelas di setiap tingkatan. Adapun jumlah siswa yang terdaftar di kelas busana sebanyak 34 orang terdiri dari 13 orang kelas XII, 11 orang Kelas XI dan 10 orang Kelas X.

Sebelum covid-19 pertemuan tatap muka dilakukan selama tiga hari dalam sepekan yaitu Senin, Selasa dan Rabu. Namun setelah pandemi covid-19, pertemuan tatap muka kelas tata busana tidak berjalan. Hal ini sesuai anjuran pemerintah agar tidak terjadi kerumunan yang bisa menimbulkan penularan covid-19.

Dampak pandemi ini mengharuskan para siswa yang tergabung dalam kelas keterampilan tata busana harus bersabar sampai pemerintah kembali mengizinkan adanya pertemuan tatap muka. Oleh karena itu, setelah adanya penerapan tatap muka terbatas oleh pemerintah memberikan nafas segar bagi pembina kelas busana.

Sehingga, para pembina sekaligus pengajar dikelas busana melakukan persiapan terutama perekrutan siswa kelas X yang diadakan secara online dengan mengisi form yang di bagikan oleh pembina. Setelah itu, kelas tata busana dimulai pada pekan pertama bulan September.

Memasuki pekan kedua, para siswa telah siap untuk menerima materi. Adapun materi yang diberikan untuk kelas X berupa pengenalan alat menjahit, kelas XI materi mengambil ukuran pria dan kelas XII materi Busana wanita. Diharapkan dengan mulainya kelas tata busana di MAN 1 Bone, siswa mampu meningkatkan keterampilannya dalam menjahit busana. (Rini/Syukur)