Senin, 20 Mei 2024
Bimbingan Belajar

Direktur SMP dan Pesantren Bumi Cendekia Dilantik menjadi Wakil Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga

Direktur SMP dan Pesantren Bumi Cendekia Dilantik menjadi Wakil Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga

Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd., direktur SMP dan Pesantren Bumi Cendekia, resmi dilantik menjadi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 152.1 tahun 2020.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2020 di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil Al Makin, S. Ag, MA, juga disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S. Ag., M.Si. dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Abdul Rozaki, S. Ag., M.Si.

Sebelum menjabat sebagai wakil dekan FITK periode 2020-2024, Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd mejabat sebagai ketua program studi Manajemen Pendidikan Islam di fakultas yang sama. Jabatan tersebut telah diembannya selama 4 tahun sejak 2016.

Selain aktif di perguruan tinggi, dosen professional yang mendapatkan gelar doktor administrasi pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia ini juga aktif membina dan mengembangkan sekolah mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga jenjang menengah. Salah satu sekolah yang dikembangkan dan dibina adalah SMP dan Pesantren Bumi Cendekia. Selain sebagai founder SMP dan Pesantren Bumi Cendekia, beliau juga menjabat sebagai direktur operasional.

Aktivitas lain yang dilakoni oleh alumni Ponpes Mambaul Ulum Banyuwangi ini adalah meneliti dan menyusun buku. Sebagai peneliti, beliau telah menghasilkan lebih dari 30 publikasi di jurnal ilmiah, memperoleh 3 sertifikat HAKI, dan merumuskan teori Model Kepemimpinan Sekolah Kelas Menengah. Sementara itu buku-buku yang pernah diterbitkan di antaranya adalah Statistik Manajemen Pendidikan; Metode penelitian Kualitatif; the handbook of education management; dan lain-lain. [Admin]