Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim BK Winner Universitas Jambi Juara 2 Business Plan Competition Tingkat Nasional

Tim BK Winner Universitas Jambi Juara 2 Business Plan Competition Tingkat Nasional

JAMBI,- Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Jambi mengadakan kegiatan Festival Manajemen mulai dari 16 Agustus – 06 Oktober 2021 yang diisi dengan berbagai cabang perlombaan. Salah satu cabang perlombaannya adalah Business Plan Competition yang diikuti mahasiswa dari berbagai Universitas seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Politeknik Kebumen, Universitas Jambi, dan banyak lagi. Dalam cabang lomba tersebut, mahasiswa/i Universitas Jambi berhasil menjadi juara 2 Business Plan Competition tingkat nasional. Mereka yang tergabung dalam satu tim (BK WINNER) ini adalah Endang Fitriana Pendidikan Matematika, Meri Agustin Pendidikan Bahasa Inggris, dan Vidi Mugi Prayogi Agroekoteknologi.

Lomba ini dilaksanakan secara daring mulai dari pengumpulan proposal, presentasi proposal, hingga pengumuman pemenang. Topik yang diangkat dalam proposal tim BK Winner adalah Boda Kelor (Boba Nanas Daun Kelor) Produk Boba Sehat Berbasis Knowledge-Culture Sebagai Upaya Pemanfaatan Potensi Daerah Serta Peningkatan Literasi Budaya di Provinsi Jambi.

“Topik ini seputar bisnis makanan/camilan berupa Boba Nanas Daun kelor. Jadi Boba ini dibuat dari daun kelor dan nanas. Potensi dari daerah Jambi salah satunya adalah nanas yaitu nanas Tangkit. Jadi kami berinovasi membuat produk yang kekinian dan juga bisa memanfaatkan potensi daerah Jambi,” ujar Meri Agustin.

“Alasan kami memilih daun kelor ini karena kelor itu memiliki banyak manfaat salah satunya mengatasi gizi yang kurang pada anak-anak. Jadi agar anak-anak tetap mau mengonsumsi daun kelor, kami menginovasikan daun kelor menjadi camilan atau pelengkap minuman yang disukai anak-anak seperti Boba Nanas Daun Kelor ini,” tambahnya.

Tim BK Winner ini sebelumnya sudah pernah mengikuti lomba Business Plan yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Walisongo Semarang, walaupun Proposal mereka hanya terdaftar dalam finalis 30 besar.

“Sebelumnya kami sudah pernah Mengikuti lomba Business Plan di UIN Walisongo Semarang walaupun hanya sampai finalis 30 besar. Nah dari situ kami mulai mencari kekurangan dalam proposal kami dan memperbaikinya hingga kami mencoba ikut lomba Business Plan lagi. Alhamdulillah untuk lomba kali ini kami menjadi juara 2,” ujar Endang Fitriana.

Setelah menjadi juara, tim BK Winner masih memiliki harapan-harapan baru untuk kedepannya, dari lomba-lomba yang mereka ikuti mereka jadi memperoleh banyak ilmu baru yang bermanfaat.

“Dari lomba-lomba yang kami ikuti kami mendapatkan pengalaman dan juga pengetahuan yang baru terkait bisnis, mulai dari struktur bisnis, analisa bisnis, membaca peluang bisnis, hingga menyusun anggaran. Kami juga memiliki harapan agar BK Winner tentunya akan melanjutkan perjuangan, melanjutkan trend positif, untuk bisa berkarya dan berprestasi di tingkat universitas maupun nasional,” ujar Vidi Mugi Prayogi.

Asmi Ayu Ning Alim