Senin, 17 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Manajemen FEB Unisba Raih Akreditasi Unggul

Prodi Manajemen FEB Unisba Raih Akreditasi Unggul

KOMINPRO – Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba  berhasil meraih predikat sebagai prodi terakreditasi unggul. Predikat itu tertuang dalam surat keputusan BAN-PT No. 11212/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/IX/2021, Rabu (29/9). Surat Keputusan itu menyatakan bahwa Prodi Manajemen Unisba telah memenuhi syarat untuk menyandang akreditasi unggul.

Predikat ini merupakan level tertinggi dari sistem akreditasi perguruan tinggi. Hal tersebut tercantum dalam Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi yang mengubah format A/B/C menjadi format Unggul/Baik Sekali/Baik.

Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Nunung Nurhayati, SE., M.Si., mengatakan, akreditasi unggul yang berhasil diraih prodi manajemen tidak terlepas dari peran berbagai pihak mulai dari pimpinan Unisba, fakultas, dosen, mahasiswa, tendik, dan stakeholder. Menurutnya, tanpa adanya sinergi dan kerja sama yang baik, raihan akreditasi unggul tidak akan berhasil dicapai.

Bu Nunung berharap, dengan diraihnya akreditasi unggul, akan lebih mendorong dosen untuk menaikan standing akademik dan jabatan fungsional. Menurutnya, kompetensi dosen merupakan salah satu indikator yang tinggi dalam proses peniliaian kualitas prodi maupun fakultas.

“Dengan adanya akreditasi unggul, saya berharap ini bisa menjadi motivasi agar kami menjadi lebih baik lagi, khususnya hal yang berkaitan dengan kompetensi dosen. Karena untuk menjadi unggul, itu ada prasyarat dimana dosen harus memiliki lektor kepala 37,5 persen. Seandainya dilihat dari sisi fakultas, kami baru mencapai 24 persen sehingga untuk ke arah sana kami harus mendorong dosen untuk menaikan jabatan fungsionalnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bu Nunung menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan segera mengajukan prodi akuntansi dan Ilmu Ekonomi menjadi prodi yang terakreditasi unggul. Menurutnya, penilaian akreditasi merupakan hal yang penting karena merupakan pertanggung jawaban akademik bagi masyarakat. Bu Nunung berpendapat, ketika prodi terakreditasi unggul, kepercayaan masyarakat terhadap Unisba akan meningkat.

“Akreditasi itu sangat penting. Di masa sekarang, BUMN menginginkan karyawan yang direkrut adalah lulusan dengan akreditasi A atau unggul. Dengan raihan akreditasi unggul ini, tentu bisa menjadi benefit bukan hanya Unisba tapi juga lulusannya,” jelasnya. (Feari)