Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Seminar Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara SMA Negeri 1 Godean

Seminar Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara SMA Negeri 1 Godean

Kamis, 25 Agustus 2022, sebanyak 211 peserta didik SMAN 1 Godean mengikuti seminar Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dari Danramil Sleman secara tatap muka. Narasumber kegiatan seminar ini adalah Kapten Inf. Wahyani Danramil 16 Kodim 0732/Sleman dan Kapten Arm. Wahyu Kuncoro Danramil 5 Kodim 0732/Sleman. Peserta didik yang mengikuti seminar ini adalah siswa-siswi kelas X tahun ajaran 2022/2023.

Seminar ini bertujuan untuk pembinaan kepada siswa-siswi kelas X karena setelah 77 tahun Indonesia merdeka, rasa kebangsaan mulai menipis, maka kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mencapai visi SMAN 1 Godean yaitu terwujudnya lulusan yang berakhlak mulia, berprestasi, berbudaya, berwawasan lingkungan, dan. Diharapkan tumbuhnya semangat membela negara.

Kegiatan seminar wawasan Kebangsaan ini dilakukan secara tatap muka di aula SMAN 1 Godean dan dipandu oleh Rama Ghazy dan Irma Latifah sebagai MC dan Nadiya Armalia Putri sebagai moderator seminar. Setelah menyuanyikan lagu Indonesia Raya kegiatan seminar di buka secara lansung oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Godean Bapak Surahman, S.Pd.,M.Pd.

Teknis pelaksanaan seminar Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini dilakukan secara tatap muka di sanggar SMAN 1 Godean. Kegiatan dibuka oleh MC yang merupakan siswa SMAN 1 Godean yaitu Rama Ghazy Faisa dan Irma Latifah. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Bagimu Negri. Kemudian pembukaan yang di isi dengan  dari Bapak Surahman S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah SMA N 1 Godean.

Memasuki acara inti yang dilanjutkan oleh moderator yang merupakan siswi SMA N 1 Godean yaitu Nadhira Armaliya Putri. Kemudian penyampaian materi seminar bela negara dan wawasan kebangsaan yang di isi oleh Kapten Inf. Wahyani Danramil 16 Kodim 0732/Sleman dengan submateri tentang wawasan kebangsaan.

Beliau menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya. Mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah yang dilandasi pancasila, UUD 1945, dan NKRI. Kemudian dilanjutksn dengan penjelasan nilai-nilai wawasan kebangsaan yang meliputi:

  • Penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
  • Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan Bersatu
  • Cinta akan tanah air dan bangsa
  • Demokrasi atau kedaulatan rakyat
  • Kesetiakawanan sosial
  • Masyarakat adil dan Makmur

Setelah materi wawasan kebangsaan, dilanjutkan dengan kuis dan ice breaking  yang di isi oleh MC yaitu saudara Rama Ghazy Faisa dan saudari Irma Latifah. Kuis tersebut di adakan untuk meningkatkan kembali semangat dan konsentrasi peserta seminar agar tidak jenuh dan lesu saat pelaksanaan seminar. Adapun pertanyaan dari kuis tersebut meluputi materi yang telah disampaikan mengenai wawasan kebangsaan dan bela negara maupun pertanyaan acak seputar kegiatan seminar. Peserta seminar yang dapat menjawab pertanyaan dari MC mendapatkan hadiah yang berisi sejumlah uang tunai.

Kegiatan selanjutnya, memasuki sesi kedua yaitu pemberian materi tentang bela negara yang di isi oleh Kapten Arm. Wahyu Kuncoro Danramil 5 Kodim 0732/Sleman. Beliau menyampaikan bahwa bela negara diawali dengan tekad/sikap tindakan yang teratur dan berlanjut. kemudian terbentuk sikap cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, dan rela berkorban kemudian terbentuklah ketahanan nasional dalam penerapan nilai bela negara. Pertahanan negara yang merupakan sistem pertahanan semesta. Pertahanan negara tercantum dalam UUD 1945 Pasal 30 dan UU No 3 Tahun 2002.

Penyelenggaraan DIK Bela Negara dilaksanakan secara dini, berlanjut selaras dengan tujuan DIK Nasional. Diharapkan memiliki pengetahuan sikap perilaku sesuai nilai dasar bela negara dalam membentuk karakter bangsa.