Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Umsida Entrepreneurship Dukung UMKM Lewat Bazar Produk Olahan Perikanan

Umsida Entrepreneurship Dukung UMKM Lewat Bazar Produk Olahan Perikanan

Umsida.ac.idUniversitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui  Program Umsida Entrepreneurship (UE) mengikuti bazar produk hasil olahan perikanan yang dilaksanakan  di halaman Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Jumat (16/9)

Dalam kesempatan itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Atikha Sidhi Cahyana ST MT sebagai  UE dan Person In Charge (PIC) Program UE Inggit Marodiyah ST MT berkunjung untuk mengevaluasi kegiatan mahasiswa tersebut. Selain itu, Lita, Pemilik UD Bunda Foods  membantu mahasiswa dalam mempersiapkan olahan makanan, kemudian mahasiswa mengolahnya secara mandiri. Uniknya pada program bazar di stand Bunda Foods, pembayaran bisa menggunakan sistem Qris, sehingga pembayaran lebih mudah dan praktis

Mahasiswa UE yang bekerjasama dengan Bunda Foods, salah satu UKM yang produknya berbasis ikan. UKM ini meyediakan berbagai macam olahan hasil ikan segar seperti bandeng presto, bandeng otak, bandeng asap, bandeng bakar, terasi udang, patin presto, kerupuk ikan patin, sempol cumi, sempol ikan, petis udang, olahan kepiting, dan lain-lain.

Pemilihan Bunda Foods sebagai mitra kerjasama dan kolaborator dalam Program UE didasarkan pada keunggulan produk yang diproses dengan aman, terjamin, dan dengan proses produksi yang semi otomasi. Pengemasan telah menggunakan beberapa mesin pengemas, telah memiliki legalitas produk dan usaha. Legalitas produk yaitu merk, logo dan halal.

Produk Bunda Foods ini juga telah dikenal di tingkat nasional dan diekspor ke Eropa, Asian, UE, ASEAN. Dalam hal ekspor produk, sistem pemasaran yang diterapkan juga up to date dengan memanfaatkan marketplace dan link pemasaran.

“Kami berharap mahasiswa dapat memahami untuk menjadi enterpreneur yang handal, gigih, perlu struggle dan belajar aspek-aspek yang ada dari beberapa aspek yaitu perencanaan, proses produksi, pengendalian kualitas, pemasaran, manajemen keuangan dan legalitas usaha dan produk,” tutur Inggit Marodiyah ST MT, PIC Program UE.

*Humas Umsida