Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UNDIP Laksanakan Kuliah Tamu Modul Kegawatdaruratan Medik dan Kedokteran Bencana

UNDIP Laksanakan Kuliah Tamu Modul Kegawatdaruratan Medik dan Kedokteran Bencana

Panitia Dies Natalis ke-61 FK yang diketuai dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.Med., Ph.D. mewujudkan kepedulian terhadap pendidikan untuk meningkatkan keilmuan dan prestasi mahasiswa FK Undip, berkolaborasi dengan Program Studi Kedokteran FK Undip dengan melaksanakan Kuliah Tamu Modul Kegawatdaruratan Medik dan Kedokteran Bencana. Kegiatan dilaksanakan hari Rabu, 21 September 2022 bertajuk “Update Sistem IGD, Triase dan Gigitan Binatang” dengan narasumber dari Kementerian Kesehatan RI  Dr. dr. Tri Maharani, M.Si, Sp.EM. yang juga merupakan pakar WHO mengenai gigitan ular.

Kegiatan yang dilakukan secara offline diikuti Mahasiswa FK di Ruang Teatrikal Gedung B ini dibuka oleh dr. Muflihatul Muniroh, M.Si.Med, Ph.D. selaku Ketua Program Studi Kedokteran. Narasumber berbagi ilmu dan pengalaman terkait pentingnya pengetahuan saat bertugas menjadi dokter yang berjaga di Instalasi Gawat Darurat, menerapkan triase terutama jika terjadinya bencana, dan dapat mengelola pasien dengan gigitan binatang.

Kejadian gigitan ular meningkat dan bila tidak ditangani dengan benar akan terjadi perburukan pada pasien. Panduan penanganan gigitan ular juga telah disusun oleh WHO yang didalamnya narasumber merupakan tim penyusun. Koordinator Modul dr. Edmond Rukmana Wikanta, MSiMed., SpB(K)Onk., FINACS., FICS. mengungkapkan harapan dari kegiatan ini agar Mahasiswa FK Undip semakin siap saat nantinya bertugas di IGD, melaksanakan triase, dan penanganan yang benar tentang gigitan binatang khususnya gigitan ular.

Salah satu mahasiswa Naufal Bagus berujar Materi kuliah tamu sangat menarik dan bermanfaat, sangat dapat diaplikasikan terutama di Indonesia yang memiliki banyak jenis ular berbisa. Penjelasan narasumber sangat mudah dimengerti dan dapat menjadi bekal.