Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Matematika, Siapkan Borang Akreditasi Internasional

Prodi Matematika, Siapkan Borang Akreditasi Internasional
Dekan FTK, Prof Dr Hj Nirva Diana MPd, saat membuka kegiatan FGD Borang Akreditasi Internasional AUN-QA, Senin (26/09/2022).-

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Dalam rangka mempersiapkan Akreditasi Internasional, Program Studi Pendidikan Matematika (PSPM) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung (RIL) selenggarakan Forum Group Discussion (FGD) Borang Akreditasi Internasional AUN-QA (ASEAN University NetworkQuality Assurance) di Meeting Room Gedung Academic dan Research Center Lt.1, Senin (26/09/2022).

AUN-QA merupakan suatu kegiatan sertifikasi yang dilaksanakan oleh AUN (ASEAN University Network) untuk menjamin mutu program studi universitas agar mencapai standar mutu pada tingkat ASEAN.

Dekan FTK, Prof Dr Hj Nirva Diana MPd saat membuka kegiatan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Internasionalisasi yang digagas oleh Rektor dalam rangka mewujudkan Visi Universitas.

Menurut Dekan FTK, program studi (prodi) yang ada di FTK sangat berpeluang untuk mendapatkan Akreditas Internasional, “Prodi-prodi yang ada di FTK memiliki peluang untuk mendapatkan akreditasi internasional, Insya Allah dalam waktu dua sampai tiga tahun ke depan kita akan memiliki beberapa prodi yang terakreditasi Internasional,” ujarnya.

Dr Bambang Sri Anggoro MPd, Ketua Prodi Pendidikan Matematika, berikan sambutan kegiatan FGD.

Sementara itu Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dr Bambang Sri Anggoro MPd, mengatakan bahwa output dari kegiatan ini adalah tersusunnya borang akreditasi Internasional prodi Pendidikan matematika.

“Dengan tersusunnya borang akreditasi internasional tersebut, otomatis akan ada peningkatan mutu pendidikan di prodi matematika sesuai standar ASEAN,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan FGD yang diikuti oleh sekretaris prodi, tim gugus mutu prodi, serta para dosen sebagai tim penyusun borang ini akan berlangsung selama 3 hari pada 26-28 September 2022 dengan menghadirkan narasumber yang berpengalaman , yakni Dr Ariyadi Wijaya SpdSi MSc akademisi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang juga merupakan Resource Person pada Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbud.

Adapun materi yang dibahas yakni seputar 8 kriteria AUN-QA diantaranya 1) Expected Learning Outcomes, 2) Programme Structure and Content, 3) Teaching and Learning Approach, 4) Student Assessment, 5) Academic Staff, 6) Student Quality and Support, 7) Facilities and Infrastructure, dan 8) Output and Outcomes. (An/HI)