Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UIN RIL Tuan Rumah Lokakarya Editor Jurnal Bahasa Arab

UIN RIL Tuan Rumah Lokakarya Editor Jurnal Bahasa Arab
Dr Muhammad Afif Amrulloh saat berikan penjelasan pada Lokakarya Editor Jurnal Bahasa Arab

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Pengurus Perkumpulan Pengelola Jurnal Kajian Bahasa Arab (PPJKBA) Indonesia bekerjasama dengan UIN Raden Intan Lampung, IMLA Indonesia, dan Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Editor Jurnal Bahasa Arab di Sheraton Hotel selama dua hari (27-28 Februari 2022).

Dosen Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Dr Muhammad Afif Amrulloh, yang juga pengelola Jurnal Al-Bayan selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 20 editor jurnal Perguruan Tinggi Nasional.

Lebih lanjut Afif menjelaskan tujuan kegiatan adalah selain untuk menjalin silaturahmi para editor jurnal yang tersebar di seluruh Indonesia juga untuk memberikan wawasan khususnya tentang manajemen dan penyuntingan artikel standar akreditasi dan internasional.

Lokakarya yang dipandu Ade Arip Ardiansyah dari Jurnal Ta’lim Arabiyyah UIN Sunan Gunung Djati (sinta 3) menghadirkan Aprezo Pardodi Maba dari jurnal Islamic Guidance and Counseling Universitas Ma’arif Lampung (terindex Scopus) sebagai narasumber.

Aprezo menyampaikan secara rinci manajemen OJS (Open Journal Source) artikel jurnal sesuai standar akreditasi dan internasional. Dia menyampaikan ada beberapa hal penting yang perlu dicermati oleh para editor seperti kualifikasi dewan penyunting baik editor maupun reviewer yang harus relevan dengan dengan bidang jurnal tersebut. Dia juga menekankan bahwa artikel yang akan diterbitkan di jurnal harus sesuai dengan author guidelines yang ditetapkan dan konsisten pada aspek layouting artikel. (Rls/HI)