Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Diklat PMR Wira man 1 Bone

Watampone, (Humas MAN 1 Bone) – Palang Merah Indonesia atau disingkat PMR merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI yang selanjutnya disebut PMR. PMR merupakan salah satu organisasi ekstrakurikuler di MAN 1 Bone yang bergerak dibidang kemanusiaan.

Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan dan siaga bencana mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit palang merah internasional serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Oleh karena itu perekrutan anggota PMR khususnya di MAN 1 Bone meliputi beberapa tahapan salah satunya proses diklat atau Pendidikan dan latihan dasar untuk calon anggota baru. PMR MAN 1 Bone dikenal dengan nama PMR Wira Mansa, dengan pembina antara lain St. Marwah (pembina putri) dan Uwaiz Maulana Iqroil (pembina putra).

Organisasi ini melakukan diklat pada Sabtu s.d Ahad (16 s.d 17 Oktober 2021) di MAN 1 Bone. Dengan menghadirkan pemateri dari PMI Kab. Bone dan beberapa senior PMR Wira Mansa dari berbagai angkatan, serta dihadiri oleh St. Marwah selaku pembina putri PMR Wira MANSA.

Tema diklat yaitu “membentuk relawan muda yang tanggap dan berjiwa kemanusiaan”, diikuti oleh 29 orang calon anggota PMR. Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan atau wawasan dan keterampilan tentang kepalang merahan, melatih kekompakan dan menumbuhkan jiwa sosial, serta mampu menerapkan ilmu kepalang merahan dalam kehidupan sehari-hari. (Rini/Syukur)