Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

KOLAT PPS BETAKO MERPATI PUTIH SMAN 1 NARMADA JADI TUAN RUMAH UKT LOMBOK BARAT

KOLAT PPS BETAKO MERPATI PUTIH SMAN 1 NARMADA JADI TUAN RUMAH UKT LOMBOK BARAT

Editor : ABI

UKT ( Ujian Kenaikan Tingkat)PPS BETAKO MERPATI PUTIH CABANG LOBAR

(Smanar_News). Pembukaan penyelenggaraan dimulai pada hari sabtu 22 Oktober sampai dengan Penutupan pada hari Minggu 23 Oktober 2022. Kelompok Latihan Narmada  atau yang kerap disebut dengan Kolat Narmada  kembali menjadi tuan rumah dalam kegiatan UKT setelah memecah rekor peserta UKT terbanyak pada tahun 2016 lalu. Kali ini SMAN 1 Narmada menjadi pusat pelaksanaan UKT 2022 PPS Betako Merpati Putih Se-Lombok Barat dengan jumlah peserta kurang lebih 138 orang dari beberapa kolat di Lombok Barat. Kolat-kolat yg ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan tahun ini antara lain ; SMKN 2 SEKOTONG, SMAN 1 LEMBAR, SMAN 1 GERUNG, SMAN 2 GERUNG, SMKN 1 GERUNG, SMKN 1 KURIPAN, SMAN 2 KURIPAN, HIDAYATUL MUHSININ, BATU LAYAR, SMAN 1 NARMADA dan SMKN 1 LINGSAR.

Tidak hanya dari peserta saja, kalangan para senior juga ikut meramaikan kegiatan ini. Ditambah dengan adanya jurit malam yang selalu dinantikan  senior maupun peserta. Hal ini dikarenakan dalam 2 tahun terakhir, pelaksanaan ukt hanya berjalan 50% dari biasanya, dimana aspek yang diujikan hanya stamina ( lari) dan power ( pematahan) saja.

Tetapi dalam pelaksanaan UKT kali ini, semua aspek dilaksanakan sebagaimana ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya, seperti uji stamina yang dilaksanakan  setelah upacara perguruan dan pemanasan( 14.00- 15.30) uji power dilaksanakan setelah shalat ashar yakni pada pukul ( 16.00- 18.00)ujian tulis( 19.30-20.00) uji gerak ( 20.30-21.30), pembintalan ( 21.30-22.00), jurit malam( 22.30-05.00) dimana finish dari kegiatan ini sendiri adalah di kawasan Wisata Sesaot. Setelah sampai dilokasi seluruh peserta akan dikoordinir untuk tahap selanjutnya, yaitu pembantaian. Dalam tahap pembantaian ini seluruh peserta akan diuji mental, fisik dan ketegasan serta keikhlasan sebagai seorang pesilat.

Saat adzan subuh sudah berkumandang,semua peserta diberikan waktu untuk shalat dan istirahat sambil menunggu matahari terbit. Kemudian dilanjutkan dengan sarapan menggunakan roti dan air, guna menambah energi para peserta untuk mengikuti  pembinaan ( olah nafas) disekitar area sungai yang ada di wisata Sesaot Dan acara terakhir yaitu pelantikan serta pembacaan janji alam yg kemudian ditutup dengan upacara penutupan.

Menurut mas “Soni” selaku ketua panitia, mengungkapkan rasa bangga atas suksesnya kegiatan kali ini. Dia juga mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa menjadi bagian dan terlibat langsung dalam keorganisasian ini. Kami bisa bertemu dengan orang-orang hebat serta tangguh pendiriannya. Selain itu, para peserta UKT 2022 berharap untuk kedepannya organisasi Merpati Putih ini bisa berkembang lebih luas lagi di kalangan masyarakat supaya budaya asli Indonesia ini tidak termakan oleh perkembangan zaman. (Ayra)