Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

FISIP Untirta Gandeng UPM dalam Kuliah Virtual Lintas Negara

FISIP Untirta Gandeng UPM dalam Kuliah Virtual Lintas Negara

Serang — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar ‘Kuliah Virtual Bersama Dosen Tamu’ dengan menghadirkan narasumber dari Universiti Putra Malaysia, Prof. Datuk Dr. Jayum Anak Jawan., F.A.S.C., yang mengusung tema ‘Pembangunan Inklusif melalui Dasar Ekonomi Baharu’ secara daring melalui Zoom. Dihadiri para dosen dan mahasiswa Program Studi Magister Administrasi Publik serta dosen dan mahasiswa FISIP Untirta, Jumat (18/11/2022).

Prof. Jayum menyampaikan bahwa pemberlakuan prinsip ekonomi baru telah membawa hasil yang nyata, komprehensif, bagus, dan juga inklusif bagi pembangunan yang kian meningkat.

“Berkaitan dengan pembangunan, saya merasakan bahwa dasar ekonomi baru (yang) dibuat pada 1971 adalah satu dasar yang agak komprehensif, bagus, dan juga inklusif kalau (dasar) itu dilaksanakan sepenuhnya menurut prinsip-prinsip asas yang diletakkan sebagai digubal (andalan-red) sebagaimana dasar itu akan membangun semua kelompok dalam (suatu) negara,” jelasnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan pada penerapan dasar ekonomi baru tidak jauh menyimpang dari kesepakatan dari berbagai institusi yang terlibat seperti Malaysia, Cina, India, dan institusi lainnya sehingga timbul ‘Social Contract’ pada tahun 1948 yang memuat kesepakatan antara kaum-kaum Malaya dengan institusi yang terlibat.(DAN/AAP/VDF)