Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Unkhair Ternate Benchmarking ke Unpas, Pelajari Implementasi MBKM dan Pengelolaan IT

Unkhair Ternate Benchmarking ke Unpas, Pelajari Implementasi MBKM dan Pengelolaan IT

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”57459″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Universitas Pasundan menerima kunjungan benchmarking best practice Implementasi MBKM dan Pengelolaan IT dari Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara, Kamis (24/11/2022).

Rombongan yang dipimpin Wakil Rektor I Unkhair Dr. Hasan Hamid, M.Si. ini juga mempelajari kurikulum dan sistem pelaporan yang telah berjalan di Unpas.

Kegiatan berlangsung di Mandala Saba Ir. H. Djuanda, Kampus Tamansari dan dihadiri Warek I Unpas Prof. Dr. H. Jaja Suteja, M.Si., Ketua Task Force MBKM Unpas Dr. Cartono, M.Pd., M.T., dan PIC 8 bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) MBKM.

Pada sambutannya, Prof. Jaja menyampaikan tentang perjalanan dan pencapaian Unpas dalam mengimplementasikan kebijakan MBKM.

Prof. Jaja mengatakan, meski kebijakan MBKM awalnya kontroversial, namun Unpas berkomitmen untuk menjalankan kebijakan MBKM dengan baik.

Penyerahan cenderamata. (Foto: Rico B)

“Salah satunya dengan mengeluarkan Buku Pedoman Implementasi MBKM, serta membentuk task force dan PIC BKP MBKM,” ujarnya.

Menurutnya, konsep Kampus Merdeka penting untuk mengubah sistem pendidikan di perguruan tinggi. Namun, implementasinya tidak bisa secara revolusioner, melainkan bertahap.

“Alhamdulillah, tahun ini Unpas memenangkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Liga 1 dan ISS MBKM dan hibah lainnya, jumlah mahasiswa yang ikut MBKM juga semakin banyak,” tambahnya.

Warek I Unkhair Dr. Hasan Hamid, M.Si. turut mengapresiasi capain Unpas yang menjadi satu dari lima perguruan tinggi peraih PKKM Liga 1 sempurna.

“Kami memilih Unpas sebagai tujuan benchmarking karena banyak keunggulan yang dimiliki. Tidak hanya peringkat akreditasi dan prestasi Unpas di kegiatan MBKM, tapi ada budaya dan tradisi yang sama, yaitu pengejawantahan nilai-nilai Islam,” jelasnya.

Ia menambahkan, implementasi MBKM di Unkhair masih memerlukan bimbingan, sehingga ia berharap ada kelanjutan kerja sama yang diperkuat dengan MoU agar keduanya bisa saling mengisi.

Benchmarking Unkhair ke Unpas. (Foto: Rico B)

“Kami akan terus belajar kepada perguruan tinggi lain di luar Ternate supaya kami di wilayah timur tidak tertinggal. Ke depan, saya harap dapat terjalin kerja sama antara Unkhair dan Unpas di berbagai bidang,” katanya. 

Unpas Akan Bentuk Playground MBKM

Terkait implementasi MBKM jangka panjang, Ketua Task Force MBKM Unpas yang juga Duta Kampus Merdeka Nasional Dr. Cartono, M.Pd., M.T. menuturkan, Unpas tengah mempersiapkan Playground MBKM.

“Kami akan melibatkan seluruh lembaga/unit di Unpas untuk menjamin MBKM tetap berjalan dan mewujudkan MBKM mandiri. Kami ingin jadi tanaman yang subur bagi peningkatan kompetensi mahasiswa melalui 8 BKP MBKM,” tandasnya. (Reta)**[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]