Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UKM Pramuka UAD Studi Banding ke IPB

UKM Pramuka UAD Studi Banding ke IPB

Kunjungan UKM Pramuka Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ke UKM Pramuka IPB (Foto: UKM Pramuka UAD)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan kunjungan studi banding ke UKM Pramuka Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Sabtu, 10 Desember 2022. Bertempat di Kampus Dramaga, kunjungan diikuti oleh 10 orang anggota tim PPK Ormawa UKM Pramuka UAD dengan dipimpin oleh Muhammad Ikhsan dan Vera Yuli Erviana, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pendamping.

Rombongan dari UAD disambut hangat oleh UKM Pramuka IPB yang diwakili oleh Haikal selaku Ketua Dewan Racana Putra. Beberapa anggota Pramuka IPB juga turut menyambut baik kedatangan mereka. Diketahui bahwa kunjungan tersebut dilakukan di sela-sela kegiatan final tingkat nasional ABDIDAYA ORMAWA 2022 yang juga diselenggarakan di IPB pada 6‒11 Desember 2022. Hal itu tidak menurunkan antusiasme mereka untuk saling bersilaturahmi.

Agenda kunjungan diisi dengan kegiatan diskusi dan kunjungan Kampus Dramaga IPB. Di sesi diskusi, banyak pertukaran informasi dan pengalaman dilakukan oleh masing-masing anggota. Termasuk tentang struktur dewan dan program kerja, baik program pendidikan nonkepramukaan maupun program nonteknik kepramukaan.

Terdapat beberapa hal yang perlu digarisbawahi untuk jadi improvisasi dan diterapkan di Pramuka UAD dalam periode kepengurusan selanjutnya. Salah satunya adalah penambahan Biro Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dalam struktural. Hal itu dilakukan agar sirkulasi informasi dan media sosial dapat dimaksimalkan tanpa bergantung kepada sekretaris.

Poin lain yang jadi catatan untuk Pramuka UAD adalah pembuatan buku panduan untuk program pendidikan sebagai upaya memperjelas target luaran dan sasaran. Refleksi-refleksi tersebut telah membawa angin segar bagi kedua belah pihak dan diharapkan dapat memajukan langkah ke depannya. Dalam kesempatan itu, Pramuka UAD sekaligus mengundang warga Racana IPB untuk hadir dalam puncak acara Milad UKM Pramuka UAD ke-40 pada 24 Desember 2022 nanti. (tsa)

uad.ac.id