Kamis, 02 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PENTINGNYA KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAJAR “SMAGO INNOVATION AND ENTREPENEURSHIP 2022”

PENTINGNYA KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAJAR  “SMAGO INNOVATION AND ENTREPENEURSHIP 2022”

Kewirausahaan (Entrepreneurship) merupakan sebuah upaya yang melibatkan sumber daya lainnya seperti sumber daya alam, modal, dan teknologi sehingga dapat menciptakan kekayaan dan kemakmuran melalui penciptaan lapangan kerja, penghasilan dan produk yang diperlukan masyarakat. Salah satu cara untuk mewujudkan cita cita tersebut ialah, dengan diadakannya pendidikan kewirausahaan di pendidikan formal. Kewirausahaan atau enterpreneurship sangatlah penting bilamana telah ditanamkan sedari dini pada warga indonesia, dan sasarannya tepatnya adalah para pelajar. Dengan adanya pendidikan kewirausahaan di sekolah, pelajar tidak hanya terfokuss akan teori di dalam kelas, tetapi juga mengetahui dan dapat memproduksi suatu produk serta memasarkannya.

Pada hari Senin, 21 November 2022, OSIS Ancala Puspa Paksi telah sukses menyelenggarakan Pameran SMATIONSHIP 2022 atau SMAGO Innovation and Entrepeneurship. Suatu pameran kewirausahaan dengan tema FUTURISTIK yang disertai tagline “Prepare for the Future”. Pameran ini diikuti oleh seluruh warga SMA N 1 Godean. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB di lapangan dan dihadiri oleh seluruh warga SMA Negeri 1 Godean. Bentuk kegiatan berupa pameran, penampilan ekstrakurikuler tari dan band, dan perlombaan solo vocal. Terdapat beberapa stand meliputi stand karya kerajinan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dari siswa kelas X dan karya kerajinan berupa pengolahan, budidaya, kerajinan, rekayasa dari kelas XII.

Kegiatan ini mendapat antusiasme yang baik dari seluruh warga SMA Negeri 1 Godean. Kegiatan ini juga melatih jiwa dan skill dalam berwirausaha, mengembangkan bakat dan kemampuan, sekaligus ikut serta menyukseskan Projek Penguatan Profil Pancasila. Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat sehingga acara ini dapat berjalan sesuai harapan. Terlaksanannya kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan akan pentingnya mempersiapkan diri untuk masa depan dan siswa siswi SMA Negeri 1 Godean dapat meningkatkan kreativitas untuk memunculkan inovasi-inovasi baru di bidang kewirausahaan.