Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Sosialisasi dan Peluncuran Pembinaan Kewirausahaan Mahasiswa Saudagar Dahlan Muda

Sosialisasi dan Peluncuran Pembinaan Kewirausahaan Mahasiswa Saudagar Dahlan Muda

Caraka Putra Bhakti, S.Pd., M.Pd., pemateri Sosialisasi dan Launching Pembinaan Kewirausahaan Mahasiswa Saudagar Dahlan Muda (Foto: Farida)

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan sosialisasi dan peluncuran Program Pembinaan Kewirausahaan Mahasiswa Saudagar Dahlan Muda (P2KM SDM). Acara digelar secara daring melalui kanal YouTube Universitas Ahmad Dahlan pada Selasa, 13 Desember 2022. Hadir sebagai narasumber Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. yang merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD, dan Caraka Putra Bhakti, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan Bimawa UAD.

“Melihat kompetensi yang semakin hari semakin meningkat, untuk bisa terus mengembangkan kompetensinya, UAD mendesain berbagai kegiatan salah satunya kemampuan dalam berwirausaha. Harapannya dengan program ini lulusan UAD bukan hanya memiliki kompetensi akademik saja, tetapi juga dapat mengembangkan diri khususnya di bidang kewirausahaan,” jelas Gatot dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Caraka menyampaikan mengenai Saudagar Dahlan Muda. Menurut Swasono, entrepreneur dalam akar tradisi Indonesia sebangun dengan karakteristik saudagar. Secara harfiah, “sau” berarti seribu dan “dagar” berarti akal, sehingga dapat disimpulkan saudagar memiliki “seribu akal”. Lebih rinci lagi, ini tentang cara mengelola dan memanfaatkan sumber-sumber daya secara produktif dan efisien, berani menerjang paradigma yang ada, membuka alternatif, dan peluang baru. Adapun manfaat program P2KM SDM bagi mahasiswa yakni program ini akan memberikan kesempatan untuk mengenal wirausaha dan terjun langsung dalam usaha. Selain itu, manfaat bagi perguruan tinggi, program tersebut akan meningkatkan perguruan tinggi dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan.

Tujuan diadakannya program P2KM SDM di antaranya untuk mendorong terbentuknya model pendidikan kewirausahaan di lingkungan UAD dan membangun keterampilan mereka. Tak lupa juga, mahasiswa didorong untuk membuka lapangan kerja baru guna mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, dan menjadi pembibitan calon wirausaha untuk pendampingan pada kompetisi berikutnya.

“Prinsip 3M dalam pembinaan kewirausahaan yaitu man (up skilling), money, dan material. Man meliputi kegiatan workshop business plan, pelatihan Canva, pelatihan digital marketing, dan talkshow wirausaha mahasiswa. Prinsip money meliputi kegiatan dukungan dana bantuan kelompok usaha dan dukungan kesempatan pada pendampingan kompetisi kewirausahaan Kemendikbud. Kemudian, material meliputi dukungan bazar secara gratis dan fasilitas dukungan pemasaran di UAD,” jelas Caraka.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa seluruh informasi tentang panduan, lini masa, alur unggah, serta pranala pendaftaran program P2KM SDM 2022 akan disampaikan melalui situs web Bimawa pada tanggal 14 Desember 2022.

“Pada dasarnya kuliah itu ajang untuk mencari pengalaman. Kuliah adalah petualangan dan tidak hanya kenangan yang kamu cari, tetapi sejauh mana petualangan dan kenangan itu yang kamu cari serta menjadikan lebih baik,” tutup Cakra. (frd)

uad.ac.id