Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UAD Selenggarakan Pemeriksaan Kesehatan untuk Dosen, Tendik, dan Karyawan

UAD Selenggarakan Pemeriksaan Kesehatan untuk Dosen, Tendik, dan Karyawan

Pemeriksaan kesehatan di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam rangka perayaan Milad ke-62 (Foto: Bidang Humas dan Protokol UAD)

Salah satu rangkaian kegiatan Milad ke-62 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah program cek kesehatan gratis bagi dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan karyawan. Acara digelar selama empat hari sejak tanggal 12 hingga 15 Desember 2022 dengan kick off di Kampus I UAD pada Senin, 12-12-2022.

Kegiatan ini telah menjadi salah satu agenda rutin yang diadakan oleh UAD dalam setiap perayaan miladnya. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dirasa penting untuk dilakukan karena menjaga kesehatan merupakan salah satu bentuk komitmen UAD untuk memberikan layanan yang prima kepada masyarakat. Di samping itu, pengecekan ini juga ditujukan sebagai screening awal untuk mengantisipasi penyakit yang mungkin ada dalam tubuh.

Dalam pelaksanaannya, UAD mendatangkan tim dari Rumah Sakit (RS) UAD dan Fakultas Kedokteran (FK) UAD untuk melakukan pengecekan kesehatan. Adapun layanan yang diberikan antara lain adalah cek berat badan, tinggi badan, asam urat, kolesterol, serta glukosa. Setelah melakukan pendaftaran secara daring di tautan yang telah disediakan, peserta tinggal datang saja ke lokasi dan menunggu antrean.

Siti Maksuma, salah satu tendik dari Fakultas Farmasi UAD, saat ditemui di Kampus III UAD (13-12-2022) mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan sesuai dengan harapannya. “Dengan adanya kegiatan ini, saya bisa mengetahui kondisi kesehatan saya lebih dalam lagi. Alhamdulillah hasilnya juga bagus,” terangnya.

Menurut Siti, kegiatan seperti ini penting karena untuk mengontrol kesehatan tubuh kita. Terlebih lagi, sekarang terdapat banyak ragam jenis makanan, sering kali kita mengonsumsi tanpa berpikir tentang kandungan gizinya. Program ini kemudian muncul sebagai langkah awal untuk menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari penyakit.

Terakhir, menuju puncak Milad ke-62, Siti berharap UAD bisa makin bermanfaat bagi semua sivitas akademika dan masyarakat. Rangkaian kegiatannya juga diharapkan bisa diikuti dan dinikmati oleh semua dosen, tendik, karyawan, serta keluarga besar UAD. (tsa)

uad.ac.id