Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pendidikan Fisika UAD Gelar Festival Fisika 2022

Pendidikan Fisika UAD Gelar Festival Fisika 2022

Prodi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan FIFA 2022 (Foto: FKIP UAD)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Festival Fisika (FIFA) 2022 pada Sabtu, 03 Desember 2022. Bertempat di Aula Masjid Islamic Center UAD, Dekan FKIP UAD Muhammad Sayuti, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. membuka kegiatan secara langsung.

Terdapat 3 kompetisi yang dihelat dalam FIFA 2022 ini, yaitu lomba roket air, olimpiade astronomi, dan lomba TikTok. Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Fisika UAD Eko Nur Sulistyo, M.Pd. mengungkapkan bahwa 5 pemenang teratas akan mendapatkan beasiswa untuk masuk prodi tersebut.

Salah satu kompetisi yang paling menarik perhatian adalah lomba roket air. Dilansir dari laporan FKIP UAD, kegiatan tersebut diikuti oleh 22 kelompok yang masing-masing terdiri atas 2 anggota. Mereka berasal dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Okimustava, M.Pd.Si. dan Muhammad Ramdhan, S.Pd. ditunjuk untuk menjadi juri dari lomba tersebut.

Indikator yang jadi tolok ukur penilaian dalam roket air adalah bidikan titik target. Jadi, roket yang paling mendekati titik target tembak akan memiliki peluang besar untuk menang. Dengan mengandalkan prinsip tekanan udara, roket air merupakan implementasi nyata dari materi pelajaran Fisika yang diajarkan di bangku sekolah.

Berdasarkan penilaian juri, ditetapkan 3 pemenang yang masing-masing mendapatkan piala kejuaraan dan uang pembinaan. Juara I dari MAN 2 Bantul dengan anggota Putri Qorriy ‘Aina dan Fairuz Fahroni. Juara II dari SMK Muhammadiyah Berbah yang beranggotakan Zacky Hamzah Firmansyah dan Arya Mahesa. Sementara juara III diraih oleh MAN 4 Bantul dengan anggota Nadia Rahma Azalea Putri dan Azizi Maulidya Pasha. (tsa/jp)

uad.ac.id