Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MATSAMA 2021

MATSAMA 2021

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Purworejo pada tahun pelajaran 2021/2022  mengadakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) secara daring. Kegiatan ini berlangsung mulai hari Senin s.d. Rabu (12 s.d. 14 Juli) 2021. Matsama  ini diikuti oleh 288 siswa yang terbagi dalam 9 rombongan belajar. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor: B-1829/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/06/2021.

Kegiatan Matsama yang dibuka oleh Plt. MTs N 1 Purworejo (Suswanto, M.Pd.) ini mempunyai tujuan Matsama diantaranya adalah mengenalkan pendidik dan tenaga kependidikan,  sarana dan prasarana, kurikulum pembelajaran , serta mengenalkan  tata tertib, tata krama, dan budaya yang berlaku di MTs Negeri 1 Purworejo.

Media yang digunakan yaitu Whatsap, video presentasi materi dan animasi, dan channel youtube madrasah. Adapun materi yang diajarkan adalah:

  1. Sejarah Madrasah (Fattah Ismail, M.Pd)
  2. Tata Tertib, Struktur, Tenaga Pendidik dan Kependidikan (Syaiful Imadudin, S.Pd.)
  3. Metode Pembelajaran (Astuti Rahayu, M.Pd.)
  4. Kegiatan dan Organisasi Kesiswaan (Wahyu Tri Wijayanto, M.Pd.),
  5. Prestasi dan Alumni (Sri Setyowati, M.Psi.)
  6. Program Riset (Dr.H. M. Arwani, S.Ag., M.Pd.)
  7. Kesetaraan (Hj.Titi Sinurti Nurjanah, M.Pd.), dan
  8. Anti Diskriminasi (A.Adhika Hanggara P., S.Psi.).

Untuk memeriahkan kegiatan yang diketuai oleh H.Hana Miqbal, S.Pd. ini , para siswa diwajibkan untuk membuat Twibbon dengan link yang sudah disediakan madrasah dan digunakan sebagai profil HP yang mereka gunakan untuk kegiatan daring. Disela-sela kegiatan para wali kelas juga melakukan video call kepada para siswa secara acak. Meskipun dilakukan secara daring kegiatan ini sukses berjalan dengan dengan baik dan lancar serta siswa sangat aktif dan antusias.