Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Bela Negara Bagi Siswa Baru MTs Negeri 4 Bantul

Bela Negara Bagi Siswa  Baru MTs Negeri 4 Bantul

Bantul—(MTs.N4Bantul ) Bertempat di masjid Baitul ‘Ilmi  Rabu (17/07), sebanyak 228 peserta Panglima MTs.Negeri 4 Bantul mendapatkan materi Bela Negara. Materi Bela Negara tersebut disampaikan oleh Mayor Inf. Agus Priyadi selaku Komandan Koramil Bantul. Dalam paparannya, Ia menyampaikan bahwa setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara.

Pengertian Bela Negara di Indonesia adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.

Di Indonesia proses pembelaan negara sudah diatur secara formal dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Diantaranya pasal 27 ayat 3 dan pasal 30. Pasal 27 ayat 3 berbunyi ,”Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara”. Sedangkan bunyi  pasal 30,” Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara”.

Dengan tegas beliau mengatakan kepada seluruh peserta bahwa sebagai warga negara, kita wajib membela kepentingan negara.   “ Untuk melakukan bela negara tidak harus selalu dengan angkat senjata, ”ujar Mayor Inf. Agus Priyadi.

“ Bela negara untuk para pelajar, bisa diwujudkan dengan sikap rajin belajar sehingga nantinya akan memunculkan sumber daya manusia yang cerdas serta mampu menyaring berbagai macam informasi yang berasal dari pihak asing” ungkapnya.Lebih jelas beliau menyampaikan bahwa tujuan Bela Negara diantaranya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, melestarikan budaya, dan menjalankan nilai-nilai Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945.

Adapun beberapa manfaat yang didapat dari Bela Negara adalah membentuk sikap disiplin waktu, aktifitas,dan pengaturan kegiatan lain. Contoh Bela Negara dalam kehidupan sehari-hari di zaman sekarang bagi pelajar adalah meningkatkan iman dan ketaqwaan serta iptek dan kesadaran untuk menaati tata tertib sekolah. Sebelum acara ditutup,  Mayor Inf. Agus Priyadi mengajak seluruh peserta Panglima MTs. Negeri 4 Bantul untuk membaca Deklarasi Kebangsaan secara bersama- sama (rtm).