Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pengaruh Politik terhadap Masyarakat di Berbagai Negara

Pengaruh Politik terhadap Masyarakat di Berbagai Negara

Tidak hanya di Indonesia, politik juga berlaku di berbagai negara. Hal ini dikarenakan politik memiliki peran penting salah satunya yaitu demi mewujudkan atau meraih kebaikan bersama.  Lalu apa definisi dari politik itu?

Sebenarnya definisi politik sangatlah luas, namun dapat disimpulkan bahwa politik merupakan suatu proses  pembentukan pada masyarakat yang mana berbentuk keputusan yang terjadi dari dalam negara. Jadi, politik dengan kata lain merupakan usaha menggabungkan beberapa persoalan dengan tujuan meraih keputusan terbaik yang mana berkaitan dengan jabatan politik atau biasa disebut dengan ilmu politik.

Meskipun demikian, politik sendiri dapat memberikan pengaruh yang positif dan negatif. Lalu, apa saja pengaruh politik terhadap masyarakat di berbagai negara? Oleh karena itu, Anda berarti perlu menyimak ulasan terkait beberapa contoh pengaruh politik, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pengaruh Positif

Berikut ini beberapa pengaruh dari politik yang dinilai positif, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Masyarakat akan Lebih Mudah Berhubungan dengan Pemerintah

Pengaruh positif yang pertama yaitu politik dapat menjadi sarana penghubung antara masyarakat dengan pemerintah. Hal ini akan mempermudah baik masyarakat maupun pemerintah dalam menyampaikan sesuatu atau melakukan tindakan. Jadi politik ini bisa dikatakan sebagai perantara sehingga memberikan kemudahan bagi semua orang.

2. Terciptanya Hidup Makmur, Damai dan Sejahtera 

Pada dasarnya, kekuasaan negara tersentralisasi dari penguasa maupun lembaga politik yang memiliki wewenang. Maka dari itu, jika penguasa mengelolanya dengan baik, hal ini akan bermanfaat bagi semua orang seperti terciptanya hidup makmur, damai dan sejahtera.

3. Hidup Masyarakat akan Lebih Disiplin

Sebagai pemerintah atau penguasa, tentu menginginkan rakyatnya hidup tentram dan disiplin. Oleh karena itu, hadirnya politik pemerintah akan lebih mudah ketika menciptakan kebijakan contohnya yaitu menetapkan aturan yang harus dipatuhi. Dengan menetapkan aturan yang berlaku, hidup masyarakat akan mengedepankan sikap disiplin yang tentunya akan semakin baik.

4. Politik dapat Memberikan Banyak Manfaat untuk Seluruh Masyarakat

Pengaruh politik yang positif selanjutnya yaitu bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Bagaimana tidak, tugas utama pemerintah yaitu tidak lain untuk mengayomi maupun memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakatnya.

5. Sebagai Sarana untuk Menyatukan Segala Macam Kepentingan

Selain itu, politik juga bermanfaat sebagai sarana untuk menyatukan segala macam kepentingan. Sebagai contoh seseorang turut menyelenggarakan aksi demonstrasi dengan santun, aman dan tertib. Oleh karena itu, politik ini menjadi prioritas ketika menyatukan segala macam kepentingan.

Pengaruh Negatif 

Selain politik dapat memberikan pengaruh yang positif, namun politik juga memberikan pengaruh yang negatif, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Dimanfaatkan untuk Mengambil Keuntungan Pribadi

Salah satu pengaruh politik yang dinilai negatif yaitu dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan pribadi seperti tindakan korupsi. Biasanya pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakatnya yang dikenal dengan bansos, namun upaya tersebut justru dimanfaatkan oleh para penyelenggara politik yang ada didalamnya. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh yang tentu berujung ke lingkup masyarakat.

2. Dimanfaatkan untuk Memanipulasi atau Mempengaruhi Orang lain

Memanipulasi atau mempengaruhi orang lain juga menjadi bagian pengaruh politik. Perilaku tersebut akan berimbas kepada masyarakat yang telah dimanipulasi demi memperoleh lebih banyak keuntungan. Diketahui hal ini sudah cukup sering terjadi di berbagai negara.

3. Memicu Adanya Konflik dalam Lingkup Masyarakat

Perlu Anda ketahui, politik merupakan suatu tindakan seseorang untuk membentuk kelompok dalam mengambil keputusan. Namun pada faktanya, tidak semua masyarakat dapat menerima dari suatu keputusan tersebut. Sehingga hal tersebut akan memicu adanya konflik dalam lingkup masyarakat.

Demikianlah ulasan lengkap yang membahas tentang pengaruh politik terhadap masyarakat di berbagai negara. Itu artinya, sekarang  Anda perlu mewaspadai dalam segala tindakan terutama pada perilaku yang dinilai membawa pengaruh negatif. Karena pada dasarnya, salah satu tujuan dari politik yaitu supaya kekuasaan di pemerintahan bisa didapatkan, dikendalikan serta digunakan dengan berpedoman dengan norma hukum yang berlaku.

Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk ikut serta melaksanakan hak serta kewajibannya demi terciptanya perilaku politik.