Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Dorong Kemandirian Mahasiswa, FISIP Unpad Gagas Program UKTPreneur

Dorong Kemandirian Mahasiswa, FISIP Unpad Gagas Program UKTPreneur

[Kanal Media Unpad] Dalam rangka membangun kemandirian mahasiswa dan menumbuhkan ekosistem kewirausahaan mahasiswa yang inovatif, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran menggelar program “UKTPreneur 2022”.

Berkolaborasi dengan The Local Enablers, program ini didedikasikan bagi mahasiswa FISIP Unpad dalam menemukan potensi dirinya dan mampu mengembangkannya demi kemandirian diri.

Program ini dilatarbelakangi dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan tantangan perekonomian bagi sejumlah mahasiswa. Karena itu, FISIP Unpad memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan masukan (input) kreatif untuk mendorong dihasilkannya pola pikir (mindset) kemandirian.

Program ini dilaksanakan dengan pendekatan Design Thinking, yang dilaksanakan selama November dan Desember 2022 lalu. Para peserta diperkenankan memilih peranan di masa depan.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, ada tiga peran yang dipilih mahasiswa, yaitu:  entrepreneur bagi mahasiswa yang berminat pada kewirausahaan, intrapreneur bagi mahasiswa yang berminat pada bidang profesional, dan GIG economy bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kreativitas dan hobinya.

Rangkaian program terbagi menjadi tiga tahapan yang terdiri dari pelaksanaan workshop untuk memetakan potensi mahasiswa serta membentuk peta rencana masa depan yang dipilihnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan secara intensif dari coach yang memiliki keahlian sesuai pilihan dan potensinya.

Selanjutnya program ini diakhiri dengan perayaan proses inovatif yang sudah dijalankan dengan mempresentasikan diri para peserta yang baru (the new you) di hadapan para tamu undangan yang berasal dari Akademisi, para pelaku bisnis, pelaku Intrapreneur dan pelaku Gig Economy.

Melalui program ini, sejumlah peserta berhasil menjalin kolaborasi bersama dengan berbagai tamu undangan. Di antaranya pada bidang fotografi, produk makanan dan cemilan, dan dengan menjual kemampuan yang dimilikinya. (rilis)*