Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Dilantik Sebagai Ketua DPW ARTIPENA Kalimantan Selatan

Rektor Dilantik Sebagai Ketua DPW ARTIPENA Kalimantan Selatan

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si., dilantik sebagai Ketua DPW ARTIPENA (Aliansi Relawan Perguruan Tinggi  Anti Penyalahgunaan Narkoba) Provinsi Kalimantan Selatan untuk periode 2023-2026. Pelantikan berlangsung pada Senin (24/1/2023) di Aula lantai 1 Gedung Rektorat Banjarmasin.

Ketua DPP Artipena Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc melantik secara langsung Prof. Ahmad sebagai Ketua DPW ARTIPENA Kalsel. Pelantikan tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalsel Dr. (HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Kalsel Sulkan, SH, MM. Ketua DPRD Kalsel yang juga merupakan Dewan Penasehat DPW ARTIPENA Kalsel Dr(HC). H. Supian HK, S.H., M.H. berhadir dalam acara pelantikan ini.

Gubernur melalui Staf Ahli, Sulkan, menyampaikan bahwa dengan dilantiknya DPW ARTIPENA Kalsel menjadi momen bersama untuk memerangi narkoba demi menyelamatkan generasi bangsa, terutama di lingkungan perguruan tinggi.  “Kita menyadari beratnya tugas dan tanggung jawab yang harus kita lakukan untuk melindungi bangsa ini dari penyalahgunaan narkoba, maka dari itu diperlukan upaya dari masyarakat dari seluruh lapisan untuk berperan sesuai kapasitas masing-masing,” tutur Gubernur, yang disampaikan oleh Sulkan. Keberadaan ARTIPENA, disampaikan oleh Gubernur merupakan wujud komitmen para akademisi di perguruan tinggi untuk menjaga institusinya dari bahaya narkoba.

Rektor ULM, Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan rancangan langkah-langkah yang akan dilakukannya segera setelah dilantik sebagai Ketua DPW ARTIPENA Kalsel. Prof. Ahmad berencana untuk membangun sinergi antara unit-unit penunjang akademik yang telah ada seperti unit Bimbingan Konseling (BK), Tim Kampus Sehat, dan Tim Satgas Pencegahan & Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).

“Kami akan membangun sinergi dengan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah sesuai dengan arahan gubernur Kalsel dan harapan Ketua Umum bahwa salah satu strategi untuk optimalisasi peran dan fungsi ARTIPENA di Kalsel yakni harus menjalin sinergi yang kuat dgn Kapolda, BNN, Kejati, dan seluruh pimpinan daerah lainnya di Kalsel utk mendukung ARTIPENA Kalsel,” tutup Rektor.