Sabtu, 01 April 2023
Perguruan Tinggi

UNJA Jalin Kerja Sama Internasional: Riset dan Student Exchange dengan Universitas di Belanda, Prancis, dan Slovenia

UNJA Jalin Kerja Sama Internasional: Riset dan Student Exchange dengan Universitas di Belanda, Prancis, dan Slovenia

JAMBI,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan “Menjalin dan Menandatangani Kerja Sama Internasional serta Pemantauan Mahasiswa Ph.D Indonesia” di 3 negara berbeda, yaitu Belanda, Prancis, dan Slovenia pada tanggal 5-19 Maret 2023.

Tim yang berangkat terdiri dari Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si.; Project Manager AKSI-ADB, Prof. Dr. Ir. Zulkarnain, M.Hort.Sc.; Kepala UPT. Layanan Internasional / PIC Soft Program Project ADB – AKSI UNJA, Dr. Sri Wachyunni, S.S., M.Hum., M.A.; Wakil Ketua/Koordinator Program Pusat pada Unggulan (center of Excellence) Pendidikan Komunitas UNJA, Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd.; Dekan Fakultas Hukum, Dr. Usman, S.H., M.H.; Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Fakultas Pertanian, Dr. Forst. Bambang Irawan, M.Sc., IPU.; Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Fakultas Peternakan, Dr. Ir. Syafwan, M.Sc.; Dosen Fakultas Pertanian, Fuad Nurdiansyah, S.P., M.PlaHBio., Ph.D.; Dosen Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Mohd. Zuhdi, M.Sc.; serta Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. M. Ridwansyah, S.E., M.Sc.

Adapun nama-nama di atas terbagi ke dalam 3 tim yang berbeda dengan tujuan acara yang berbeda pula. Tim pertama yang beranggotakan 10 orang menghadiri kegiatan “Invitation to Attend the Wageningen – Indonesian Education and Research serta penguatan kerjasama di berbagai bidang pendidikan antara Universitas Jambi dengan Wageningen University & Research” yang diselenggarakan pada tanggal 5 – 13 Maret 2023 di Wageningen University & Research, Belanda. Kegiatan tersebut didampingi Prof. Erwin Boelter selaku WUR monitoring Ph.D student UNJA dan membahas tema riset kolaborasi bidang peternakan.

Tim kedua yang beranggotakan 5 orang menghadiri kegiatan “Invitation for Ph.D Monitoring and Evaluation, serta menjalin kerja sama internasional antara Universitas Jambi dengan Maastricht University, dan memantau Mahasiswa Ph.D Indonesia” yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 14 Maret 2023 di Maastricht University, Belanda, serta kegiatan “Invitation from UFR STAPS Lyon 1, serta menjalin kerja sama internasional antara Universitas Jambi dengan Claude Bernard Lyon University, dan memantau Mahasiswa Ph.D Indonesia” yang diselenggarakan pada tanggal 12 – 15 Maret 2023 di Claude Bernard Lyon University, Prancis.

Tim ketiga yang beranggotakan 6 orang menghadiri kegiatan “Visit The Faculty of Public Administration University of Ljubljana serta menjalin dan menandatangani kerjasama internasional antara Universitas Jambi dengan University of Ljubljana, dan memantau Mahasiswa Ph.D Indonesia”, yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 19 Maret 2023 di University of Ljubljana, Slovenia.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si., menjelaskan jenis kolaborasi yang bisa dibangun dari kunjungan ke 3 negara tersebut.

“Kolaborasi yang bisa kita lakukan kerja sama meliputi riset, publikasi, Ph.D. program, student exchange, team teaching dan bimbingan, dan lain-lain. Skim riset kolaborasi akan diawali dengan membentuk konsorsium UNJA-UNRI-UNAND dan WUR,” ujar Prof Rayandra.

Kerja sama internasional dilaksanakan guna memperkuat hubungan antara UNJA dengan perguruan tinggi yang berada di negara-negara Eropa dan menjajaki segala bentuk kerja sama yang bisa dilakukan oleh kedua pihak. Sedangkan pemantau Mahasiswa Ph.D Indonesia dilakukan guna memastikan proses pendidikan mahasiswa yang diberi beasiswa berjalan dengan lancar serta memberi atensi agar para mahasiswa tersebut bisa memberikan feedback kembali untuk UNJA.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS