Jumat, 05 Juli 2024
Sekolah Dasar

Siswa-siswi SDN Serayu : Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

Siswa-siswi SDN Serayu : Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 yang masih mewabah di negeri ini, tidak menjadi penghalang bagi siswa-siswi SD Negeri Serayu Yogyakarta untuk meraih berbagai prestasi. Buktinya beberapa di antara mereka sukses mendapatkan juara 1 hingga juara 3 dari masing-masing cabang lomba yang mereka ikuti. Cabang lomba yang dimaksud mulai dari lomba melukis, lomba poster, lomba kaligrafi, lomba menari, olimpade matematika, hingga lomba menulis cerita.

Atikah Nada Shafa Tino siswa yang masih duduk di bangku kelas 2A misalnya, selama pandemi ia berhasil menyabet puluhan prestasi dari berbagai cabang lomba. Seperti lomba mewarnai motif batik dan tokoh wayang, lomba poster tingkat universitas, lomba melukis kaligrafi, lomba vestifal jajanan kekinian, dan masih banyak lagi yang lain.

Bahkan menurut penjelasan wali kelasnya Iskandar, S.Pd., Shafa sudah memperoleh ratusan penghargaan terdiri dari piala dan sertifikat. “Shafa rekor penghargaan terbanyak 400 lebih piala dan piagam berjejer di rumah nya ,” tulisnya via whatsApp. Awal mula Shafa memperoleh prestasi ketika mengikuti lomba mewarnai tingkat kecamatan saat masih TK. Berawal dari sana, Shafa terus meraih prestasi di setiap ajang perlombaan yang diikutinya.

Jevon Ivander Darielle Dee juga tidak kalah membanggakan dengan Atikah, siswa kelas  3A ini berhasil meraih berbagai prestasi selama pandemi. Setidaknya ada puluhan prestasi yang ia peroleh yaitu meraih Gold Award lomba matematika, Gold Award lomba Bahasa Inggris, Indonesia best student tahun 2020, Olimpiade Sains Nasional (Olnas) 2021, juara harapan II dan III pada kompetisi MIPA, peringkat 10 pada lomba matematika IMA-ria 2021, juara harapan III matematika IMA-ria Jateng-DIY, ranking I pada babak penyisihan junior student academy english, peringkat III pada babak penyisihan junior student academy matematic, dan lain sebagainya.  

Chiara Sherry Mikaela juga tidak kalah membanggakan, selama pandemi siswa yang masih duduk di bangku kelas 3B ini berhasil memperoleh 3 prestasi dari berbagai cabang lomba. Ia memperoleh juara II lomba foto kemerdekaan pada tanggal 30 Agustus 2020 tahun lalu yang diselenggrakan KFC, Juara III lomba menari kelompok kategori A 16 Januari 2021, dan juara I Imlek Modeling Shaw 7 Februari 2021 di Jogja City Mall.

Pada hari minggu tanggal 7 Februari 2021, Dastan Majid Hariaya kelas 3A juga berhasil menyabet prestasi pada kejuaraan olimpiade matematika IMA-ria 2021 tingkat jawa tengah, jawa timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dastan berhasil memperoleh juara I mengalahkan teman-temannya yang lain. Dalam penuturan wali kelasnya Sri Hartini S.Pd., ia temasuk anak yang pintar dan cerdas.

Raisa Adelia Dian Hapsari pun tidak ketinggalan dengan teman-temannya yang lain. Beberapa bulan yang lalu, siswa kelas 2A yang bercita-cita jadi koki ini memperoleh juara 3 lomba tari yang diselenggarakan Yayasan Budi Mulia. “Ada beberapa lomba tari yang adel ikuti yang nyantol kemarin ada satu, juara 3 lomba tari kreasi baru,” tutur ibunya ketika dihubungi via whatsapp.

Selain prestasi dari kakak kelasnya, prestasi juga berhasil diperoleh Athilla Jihan kelas 1A. Athilla mendapatkan juara harapan 3 orientasi Kids Fashion Show yang diselenggarakan 07 Februari 2021 di Jogja City Mall.

Selain itu, ada pula lomba Ecoprint, lomba video menjaga kesehatan, lomba desain batik, lomba gambar bercerita, Raja dan ratu buku, lomba menulis cerita fabel tingkat sekolah yang diperoleh siswa-siswi kelas 5A dan masih banyak lagi lomba yang lainnya. Rincian peserta yang menjuarai lomba ini pernah dirilis di berita prestasi di website sekolah; www.sdnserayuyogya.sch.id

Prestasi-prestasi ini tentunya sangat membanggakan bagi sekolah, orang tua, dan para guru. Pasalnya, selain mereka belajar di sekolah, mereka juga menyempatkan diri untuk mengikuti berbagai cabang lomba hingga memperoleh berbagai prestasi. Kupiyosari S.Pd., selaku kepala sekolah berharap bagi siswa-siswinya semoga mereka semakin berprestasi. “Semoga anak-anak serayu makin berprestasi,” tulisnya via whatsapp. Ia pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada para guru atas didikannya kepada anak-anak. (us)