Rabu, 29 Maret 2023
Perguruan Tinggi

UNDIP Lauching Perkuliahan di Kampus Teluk Awur Jepara

UNDIP Lauching Perkuliahan di Kampus Teluk Awur Jepara

Universitas Diponegoro – Jepara, Jawa Tengah. Universitas Diponegoro telah melakukan lauching perkuliahan di kampus Undip Teluk Awur Jepara pada Kamis, 16 Maret 2023 bertempat di Gedung Marine Sciene and Techno Park (MSTP) Undip di Jepara. Acara launching perkuliahan dihadiri oleh Rektor Undip beserta jajarannya, Ketua Senat Akademik (SA), Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) beserta jajarannya, serta turut mengundang pula pejabat daerah Jepara beserta jajarannya.

Acara lauching perkuliahan di kampus Undip Teluk Awur Jepara ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya Prof. Yos mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pengembangan kampus Undip Teluk Awur Jepara. “Kami ucapkan terima kasih dan mohon dukungannya untuk pengembangan kampus Undip Teluk Awur Jepara,” ucapnya.

Kehadiran kampus Undip di Teluk Awur Jepara nantinya akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar dan Pemerintah Kabupaten Jepara. “Kehadiran mahasiswa Undip di daerah Teluk Awur Jepara juga akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat sekitar. Kita akan bersinergi bersama dengan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Jepara, dan instansi pendidikan di Jepara,” jelas Prof. Yos.

Kampus Undip Teluk Awur Jepara saat ini memiliki Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Hukum dan S1 Keperawatan. Prodi S1 Ilmu Hukum dan S1 Keperawatan Kampus Teluk Awur merupakan kelas paralel dari prodi yang ada di kampus Undip Tembalang yang mulai dibuka sejak Tahun Akademik 2021/2022.

“Alhamdulillah perlahan-lahan kita memperbaiki gedung dan fasilitas pendukung lainnya. Insyaallah pembangunan masih terus dijalankan dan sudah direncanakan dengan matang. Kami menempatkan Prodi S1 Ilmu Hukum dan S1 Keperawatan, keduanya merupakan prodi yang paling banyak peminatnya,” tutur Prof. Yos.

Sementara itu mewakili Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Jepara Ronji, S.E., M.M., mengungkapkan kehadiran civitas akademika Undip di Jepara membawa dampak yang baik. “Terima kasih, ini sangat luar biasa. Dengan kehadiran civitas akademika disini akan membawa dampak yang luar biasa. Pemerintah Kabupaten Jepara dan masyarakat Jepara mendukung kehadiran kampus Undip di Teluk Awur Jepara, ini betul-betul bermanfaat,” ucap Ronji.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Jepara juga mengapresiasi atas diluncurkannya perkuliahan offline Prodi S1 Ilmu Hukum dan S1 Keperawatan. Selain memberikan akses dan pemerataan kesempatan bagi putra putri Jepara untuk berkuliah di Undip, hadirnya perkuliahan di kampus Undip Teluk Awur ini akan membantu dalam upaya memajukan dunia pendidikan dan mencerdaskan putra putri Jepara.

“Pendidikan adalah investasi utama masa depan. Melalui pendidikan yang berkualitas kita dapat menyediakan SDM yang bermutu dan berkontribusi bagi pembangunan daerah. Tidak hanya melahirkan SDM berkualitas, Pemerintah Kabupaten Jepara juga menaruh harapan dari aktivitas kampus Undip di Jepara seperti menghasilkan riset dan kajian yang berkualitas dalam mendorong pembangunan Jepara di segala bidang, salah satunya adalah penanganan stunting,” terang Ronji.

“Selamat dan terima kasih atas peran dan kontribusi Undip selama ini yang telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten Jepara,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan paparan Masterplan/Rencana Pengembangan Kampus Undip Teluk Awur Jepara oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Undip Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA. Kampus Undip di Teluk Awur Jepara selain menyediakan fasilitas zona pendidikan, juga dilengkapi dengan zona Deep Sea Tailing Placement (DSTP), zona ruang terpadu, zona pendidikan dan pelatihan, zona guest house, zona eduwisata, dan zona ruang terbuka.

Pada kegiatan launching ini Undip juga mengadakan lomba diantaranya lomba fotografi dan vlog dengan tema Jelajah Kampus Teluk Awur Jepara; lomba memancing; dan sepeda tour the tambak. Lomba diperuntukan bagi civitas akademika Undip dan juga masyarakat umum, terutama untuk siswa SMA di Jepara dan sekitarnya.